Vaksin Corona Buatan Oxford Diklaim Bikin Kebal Setahun

Vaksin Corona Buatan Oxford Diklaim Bikin Kebal Setahun

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 17 Jun 2020 19:10 WIB
Pengujian Vaksin Corona Pada Manusia Mulai Tunjukkan Harapan
Ilustrasi vaksin Corona. Foto: DW (News)
Jakarta -

Vaksin Corona buatan Universitas Oxford terus digeber dan telah diuji coba pada manusia. Perusahaan obat yang juga asal Inggris, AstraZeneca, mendukungnya penuh, bahkan menyuarakan optimisme tinggi.

Dikutip detikINET dari Sky, AstraZeneca sudah mencapai kesepakatan untuk memproduksi sampai 2 miliar vaksin buatan Oxford dan akan didistribusikan ke seluruh dunia. Tentu dengan catatan, vaksin itu manjur buat melawan COVID-19.

Pascal Soriot selaku Chief Executive AstraZeneca menyebutkan fase ketiga uji coba vaksin dari Oxford segera dimulai di Inggris. Fase ini biasanya adalah tahap terakhir di mana kemanjuran dan keamanannya diuji pada ribuan relawan.

Ketika ditanya semanjur apa vaksin Oxford, Soriot mengklaim dapat memberikan perlindungan terhadap virus Corona cukup lama. "Kami pikir bahwa vaksin itu akan melindungi sampai sekitar satu tahun," kata dia.

"Jika semuanya berjalan dengan baik, kami akan mendapat hasil trial klinis di bulan Agustus atau September. Kami secara paralel akan membuatnya di pabrik. Kai akan siap menyebarkannya dari Oktober jika semua lancar," imbuh dia.

Memang tetap ada kemungkinan vaksin tersebut tidak manjur. AstraZeneca sebelumnya mengakui bisa saja vaksin Oxford tidak berhasil meski sudah didukung penuh termasuk dari sisi produksi.

Vaksin Oxford ini sekarang diberi nama AZD1222. Setelah divaksinasi, sistem imun tubuh didesain untuk menyerang COVID-19 seandainya ada infeksi virus tersebut.



Simak Video "Kemenkes Bicara soal Penyuntikan Dosis Ketiga Vaksin Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)