Di Balik Rumor Bill Gates Tanam Microchip Bareng Vaksin Corona

Di Balik Rumor Bill Gates Tanam Microchip Bareng Vaksin Corona

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 15 Jun 2020 12:40 WIB
NEW YORK, NY - SEPTEMBER 27:  Bill Gates attends the Plenary Session: Investing in Prevention and Resilient Health Systems during the second day of the 2015 Clinton Global Initiatives Annual Meeting at the Sheraton New York Hotel & Towers on September 27, 2015 in New York City.  (Photo by JP Yim/Getty Images)
Di Balik Rumor Bill Gates Tanam Microchip Bareng Vaksin Corona (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Salah satu teori konspirasi yang sampai saat ini awet menyasar Bill Gates adalah dia berencana menanamkan microchip bersamaan dengan diberikannya vaksin Corona. Rumor tak berdasar itu masih beredar luas di media sosial, misalnya Facebook.

"Gates ingin kita di-microchip dan Fauci (penasihat kesehatan AS-red) ingin kita membawa sertifikat vaksin," tulis sebuah postingan di Facebook yang dibagikan sampai 22 ribu kali.

"Gates Foundation kini menghabiskan miliaran dolar untuk memastikan semua injeksi medis dan gigi serta prosedurnya memasukkan chip itu sehingga satu-satunya cara untuk menghindarinya adalah dengan menolak semuanya," begitu rumor liar lain yang wara wiri di Facebook.

Tak cuma dalam bahasa Inggris, ada juga versi bahasa Spanyol yang viral. Padahal tidak ada bukti sama sekali sang pendiri Microsoft bakal menanamkan vaksin, namun tetap saja tudingan itu masih bertahan.

"Saya tidak pernah terlibat dalam hal microchip apapun. Agak berat membantah hal ini karena sangatlah bodoh atau aneh," kata Gates pada awal Juni silam, membantah tuduhan tersebut.

"Itu sungguh aneh sehingga hampir-hampir Anda ingin melihatnya sebagai sesuatu yang humoris tapi itu benar-benar bukan sebuah humor," tambah dia, dikutip detikINET dari USA Today.