Cantik dan Ganteng Ada Rumus Matematikanya

Cantik dan Ganteng Ada Rumus Matematikanya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 14 Jun 2020 10:13 WIB
NEW YORK, NY - NOVEMBER 27:  Actor Robert Pattinson attends IFPs 27th Annual Gotham Independent Film Awards on November 27, 2017 in New York City.  (Photo by Dimitrios Kambouris/Getty Images for IFP)
Penjelasan mengenai Golden Ratio. Foto: Getty Images
Jakarta -

Aktor Robert Pattinson disebut sebagai orang paling ganteng oleh ilmuwan dengan rumus Golden Ratio of Beauty Phi. Tahukah Anda itu adalah rumus matematika?

Bangsa Yunani bilang 'semua kecantikan adalah matematis'. Nah dengan perpaduan rumus matematika, formula dan hubungannya dengan angka ternyata bisa 'mendeskripsikan' kecantikan wajah. Well, meskipun detikINET bilang semua orang cantik dan indah dengan sendirinya, tak ada salahnya belajar sedikit mengenai ilmu ini.

Menurut ahli matematika, semua bentuk yang indah di alam memiliki proporsi bentuk yang setara. Mulai dari wajah manusia, kelopak bunga, sampai cangkang kerang yang indah, memiliki proporsi yang sama. Itulah yang disebut sebagai Golden Ratio.

Golden Ratio secara matematis memiliki rasio 1.618:1. Nah, 1.618 adalah yang disebut dengan 'Phi'. Perhitungan dengan nama lain Golden Section atau Divine Proportion pada wajah manusia menghitung berdasarkan bentuk kepala, mata di titik tengahnya, mulut dan hidung masing-masing ditempatkan berdasarkan jarak, begitu juga proporsi bawah dagu.

Mari kita lihat contoh perhitungan Golden Ratio dari Robert Pattinson:

Robert PattinsonPerhitungan Golden Ratio Robert Pattinson. Foto: Istimewa

Pemeran 'Twilight' ini unggul dengan bentuk dagu yang tegas dengan posisi mata yang nyaris 'sempurna'. Selain itu, bentuk wajah Pattinson disebut memenuhi persentase hingga 91.1%. Saking populernya, aplikasi untuk mengukur Golden Ratio pun dapat ditemukan di Play Store.

Cantik dan ganteng memang soal selera Namun dalam matematika, cantik dan ganteng adalah perhitungan simetris dan proporsional sesuai rasio ini. Percaya atau tidak, secara ilmiah telah terbukti bahwa manusia lebih tertarik kepada orang-orang dengan wajah dan fitur wajah yang simetris. Merasa punya Golden Ratio yang kurang oke? Ah kalau detikINET, yang terpenting adalah mencintai diri sendiri dan biarkan kecantikan dari dalam membuat diri kita menjadi terpancar.

Klise? Nggak juga. Cukup cintai diri sendiri. Serius.

podcast


Simak Video "Positif Covid-19, Robert Pattinson Keciduk Cium Pacar di Taman"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)