Wanita Ini Terbang ke Antariksa dan Menyelam ke Palung Bumi!

Wanita Ini Terbang ke Antariksa dan Menyelam ke Palung Bumi!

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 12 Jun 2020 11:53 WIB
Kathy Sullivan
Kathy Sullivan. Foto: EYOS Expeditions
Jakarta -

Kathy Sullivan memang bukan sosok biasa saja. Mari kita tengok prestasinya. Pertama-tama, hanya 8 orang pernah mencapai Challenger Deep, titik terdalam di lautan. Kemudian, cuma sekitar 550 orang pernah ke antariksa.

Namun hanya satu orang yang pernah melakukan dua prestasi langka itu, dialah Sullivan. Astronaut NASA sekaligus oceanographer ini baru saja mendatangi Challenger Deep di Palung Mariana dengan kapal selam Limited Factor. Kedalamannya sekitar 10,8 kilometer.

Sullivan diundang Eyos Expeditions dan perusahaan spesialis kedalaman lautan, Caladan Oceanic. Misi yang berlangsung 10 jam itu berlangsung mulus, di mana Sullivan ditemani mantan tentara Angkatan Laut AS, Victor Vescovo. Mereka turun dari kapal ekspedisi DSSV Pressure Drop dan kembali dengan selamat.

Sejak masa muda, Sullivan memang sudah terinspirasi oleh para petualang. "Saya selalu ingin tahu soal astronaut masa awal. Mereka adalah orang yang selalu ingin tahu. Mereka pintar, bisa mencaritahu bagaimana menjadikan sesuatu terjadi," kata Sullivan.

"Rasa ingin tahu itu, rasa ingin berpetualang, rasa penasaran yang mendorong para pengeksplorasi, saya bisa merasakan resonansinya kala melihat mereka," imbuhnya.

Sullivan yang juga kapten Angkatan Laut AS ini pertama kali mempelajari Challenger Deep dan Palung Mariana ketika kuliah di University of California. Dia mengambil beberapa kelas tentang lautan.