Gerhana Bulan Penumbra Nanti Malam, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Gerhana Bulan Penumbra Nanti Malam, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Jumat, 05 Jun 2020 18:27 WIB
A eclipse that is being called a Super Blood Wolf Moon is seen from Bogota, Colombia January 20, 2019. REUTERS/Luisa Gonzalez
Ilustrasi gerhana bulan (Reuters)
Jakarta -

Indonesia akan menikmati gerhana bulan beberapa jam lagi. Tapi ini bukan gerhana bulan sembarangan lho.

Pusat Sains Antariksa LAPAN menjelaskan bahwa nanti malam yang akan muncul adalah Gerhana Bulan Penumbra. Apakah itu?

Dalam akun resmi Instagramnya, LAPAN menjelaskan bahwa Gerhana Bulan Penumbra adalah gerhana yang terjadi ketika Bulan melewat bayangan sebagian Bumi saja. Inilah yang disebut Penumbra.

Jadi ini bukanlah gerhana bulan total. Selama gerhana penumbra ini, Bulan akan sedikit lebih gelap dari biasanya.



Gerhana Bulan Penumbra akan terjadi pada Sabtu 6 Juni 2020 dini hari. Gerhana akan dimulai pukul 00.45.51 WIB, puncaknya akan terjadi pukul 02.24.55 WIB.

Gerhana Bulan Penumbra ini akan berakhir pada pukul 04.04.03 WIB. Selain Indonesia, wilayah yang akan dilintasi Gerhana Bulan Penumbra adalah sebagian besar Eropa, Afrika, Asia dan Australia.

Mumpung besok hari Sabtu, mungkin kamu bisa nih bergadang demi menonton Gerhana Bulan Penumbra. Atau, kamu bisa cepat-cepat tidur dulu dan pasang alarm di smartphone untuk bangun pukul 02.00 WIB dini hari nanti.

Nah, selain Gerhana Bulan Penumbra, dini hari nanti juga ada fenomena bulan lainnya yaitu Strawberry Full Moon. Bulan Purnama akan berwarna seperti buah stroberi. Puncaknya akan terjadi pukul 02.12 WIB dini hari.



Simak Video "LAPAN Sebut Gerhana Bulan Penumbra akan Terjadi 5 Juli 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/agt)