Mantan Bos Intelijen Inggris: Virus Corona Buatan Manusia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 05 Jun 2020 09:28 WIB
Apakah Virus Corona Berasal dari Laboratorium di Wuhan?
Ilustrasi. Foto: DW (News)

Pandemi virus Corona berawal dari kecelakaan ketika virus yang dibuat di laboratorium China bocor. Demikian diyakini oleh Sir Richard Dearlove, mantan bos biro intelijen Inggris, MI6.

Richard yang berkarir selama 38 tahun di intelijen Negara Kerajaan itu mengklaim telah melihat laporan ilmiah bahwa virus tersebut dibuat oleh ilmuwan di China. Pernyataanya berkebalikan dengan pendapat banyak ilmuwan bahwa COVID-19 berasal dari alam.

Profesor David Robertson dari University of Glasgow misalnya, menyebut bahwa tidak ada bukti sama sekali COVID-19 adalah buatan manusia.

"Saya pikir kita tidak cukup pintar untuk mendesain virus ini karena sangat unik. Kita semua bisa menikmati teori konspirasi tapi Anda membutuhkan bukti," katanya belum lama ini.

Akan tetapi Sir Richard menyebutkan bahwa riset ilmiah baru oleh peneliti Inggris dan Norwegia mengindikasikan elemen kunci dalam sekuens genetik di virus tersebut dimasukkan dengan sengaja dan tidak berkembang secara alami.

Studi dimaksud dilakukan oleh Profesor Angus Dalgleish dari University of London dan pakar virus Norwegia, Birger Sorensen. Disebut bahwa mereka menemukan bagian di SARS CoV-2 yang 'dimasuki', sehingga menjelaskan bagaimana virus itu terikat pada sel manusia.

zona hitam