Tempat Ini Udaranya Paling Bersih di Muka Bumi

Tempat Ini Udaranya Paling Bersih di Muka Bumi

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 04 Jun 2020 08:35 WIB
Samudra Selatan
Samudra Selatan. Foto: CNN
Jakarta -

Di manakah manusia dapat menemukan udara paling bersih dan bebas polusi? Meskipun sangat sukar mencarinya, tim ilmuwan ini yakin telah mengindentifikasi lokasinya.

Periset dari Colorado State University menyatakan udara terbersih dunia, bebas dari partikel yang disebabkan aktivitas manusia, letaknya di atas Samudra Selatan atau Samudra Antartika yang mengelilingi benua penuh es itu.

Perubahan iklim yang makin cepat akibat kegiatan manusia memang membuat ilmuwan kesulitan menjumpai wilayah Bumi tak tak terdampak. Tapi profesor Sonia Kreidenweis dan timnya meyakini udara di Samudra Selatan paling sedikit terimbas ulah manusia.

Mereka mengungkap bahwa udara di sana bebas dari partikel aerosol yang diproduksi dalam aktivitas seperti pembakaran bahan bakar minyak, menanam tanaman tertentu dan produksi pupuk. Polusi udara disebabkan oleh aerosol tersebut.

Udara di wilayah itu pun disebut para peneliti sebagai sangat murni, yang merupakan kabar baik di tengah realita bahwa manusia telah mengusik hampir seluruh Bumi.

Dalam penelitiannya, ilmuwan mengambil sampel yang berada dekat permukaan laut dan di atmosfer. Mereka menyimpulkan bahwa mikroba yang ditemukan berasal dari lautan di bawahnya, bukan dari tempat lain sebagai hasil aktivitas manusia.

Hasil riset tersebut berbeda dari riset di samudera wilayah lain, di mana mikroba yang ada di sana datang dari benua lain yang cukup dekat.

Seperti dikutip detikINET dari BGR, lokasi Samudra Selatan yang terpencil dan jauh dari peradaban manusia mungkin adalah sebab utama mengapa udaranya sangat bersih.

"Secara keseluruhan, terindikasi bahwa Samudra Selatan merupakan satu dari sedikit tempat di Bumi yang terimbas secara minimal dari kegiatan manusia," cetus Thomas Hill, salah satu anggota tim riset ini.



Simak Video "Awas! Mobil Ber-AC Belum Tentu Aman dari Polusi"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)