Peluncuran SpaceX Angkut Astronaut NASA Pecahkan Rekor Online

Peluncuran SpaceX Angkut Astronaut NASA Pecahkan Rekor Online

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 03 Jun 2020 18:59 WIB
NASA dan SpaceX menunda peluncuran roket yang membawa dua astronaut dari Amerika Serikat ke ISS. Cuaca buruk menjadi penyebab penundaan peluncuran.
Peluncuran SpaceX Angkut Astronaut NASA Pecahkan Rekor Online. (Foto: AP Photo)
Florida -

Peluncuran SpaceX yang membawa astronaut NASA beberapa waktu lalu terasa sangat spesial. Tak hanya jadi momen bersejarah, misi berawak itu juga memecahkan rekor dengan banyak ditonton secara online.

Peluncuran yang merupakan bagian dari penerbangan uji coba Demo-2 itu dilakukan di Kennedy Space Center, Florida, AS, Sabtu (30/5) waktu setempat. Adapun dua astronaut NASA yang dikirim ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) adalah Bob Behnken dan Doug Hurley.

Detik-detik peluncuran astronaut tersebut disiarkan secara online, seperti SpaceX dan NASA yang sama-sama menyediakan live streaming di channel YouTube dan situs mereka.

Adanya misi ini menandakan berakhirnya ketergantungan NASA terhadap roket Soyuz buatan Rusia untuk mengantarkan astronautnya menuju ISS. Astronaut NASA memang selalu menumpang roket Rusia untuk terbang ke ISS sejak pesawat ulang alik dipensiunkan tahun 2011 lalu.

SpaceX juga akan mencatat rekor baru sebagai perusahaan swasta pertama yang berhasil mengantarkan manusia menuju luar angkasa.

Alhasil, peristiwa bersejarah tersebut menyita perhatian yang tidak datang dari warga negeri Paman Sam sendiri, melainkan dunia dan juga para pencinta dunia astronomi. Menurut Pejabat NASA orang yang menyetel online telah mencapai rekor.

"Kami masih mengumpulkan data, tetapi beberapa metrik kami mengatakan bahwa pemirsa puncak untuk siaran peluncuran bersama NASA-SpaceX di semua platform kami setidaknya tembus total 10,3 juta pemirsa. Acara yang paling banyak ditonton yang pernah kami lacak," tutur Associate Administrator for Communications NASA, Bettina Inclán dikutip dari Space, Rabu (3/6/2020).

Meski begitu, rekor online yang dipecahkan NASA-SpaceX ini masih jauh dari misi Apollo 11. Misi berawak pertama kali NASA ke Bulan pada tahun 1969 silam, diperkirakan ditonton lebih dari 600 juta pasang mata di layar TV.

Di samping itu, SpaceX disebutkan memegang kontrak sebesar USD 2,6 miliar untuk melakukan enam penerbangan awak ke laboratorium yang mengorbit untuk NASA. Itu artinya, perusahaan Elon Musk ini punya kewajiban mengantarkan empat astronaut lainnya menuju ISS.



Simak Video "NASA Bersiap Terbangkan 4 Astronaut ke Stasiun Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)