SpaceX Sukses Lesatkan Astronaut ke Antariksa, Amerika Bangga

SpaceX Sukses Lesatkan Astronaut ke Antariksa, Amerika Bangga

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 31 Mei 2020 05:25 WIB
Astronaut NASA
Foto: NASA
Florida -

Momen bersejarah berhasil dilakukan dengan mulus oleh SpaceX yang dipercaya NASA kembali menerbangkan astronaut ke antariksa. Perusahaan yang dikomandoi Elon Musk itu sukses meluncurkan dua astronaut di tanah Amerika Serikat.

Roket Falcon 9 besutan SpaceX melesat dari Kennedy Space Center di Florida, membawa astronaut Doug Hurley dan Bob Behnken di dalam kapsul Crew Dragon. Mereka menuju ke stasiun luar angkasa International Space Station (ISS) dalam perjalanan selama 19 jam.

Roket Falcon 9 lepas landas di tempat yang sama NASA terakhir kali melesatkan astronaut ke antariksa, yaitu di tahun 2011. Sejak saat itu, NASA memutuskan hanya menyewa pesawat Soyuz dari Rusia dan peluncuran tak pernah dilakukan di negaranya.

Karena itulah event ini merupakan misi historis di mana NASA dapat kembali menerbangkan astronaut di pesawat buatan perusahaan Amerika dan digelar di negara sendiri. Setelah 9 tahun vakum, penerbangan astronaut ini diprediksi membuka era baru industri antariksa bagi Amerika.

"Luar biasa, kekuatannya, teknologinya. Itu adalah pemandangan cantik untuk dilihat," kata presiden Amerika Serikat, Donald Trump, yang hadir langsung di lokasi penerbangan.

Misi ini sedianya berlangsung beberapa hari lalu, namun tertunda karena cuaca buruk. Faktor cuaca tidak bagus itu sempat pula membayangi jadwal peluncuran kedua, namun akhirnya diputuskan misi dapat berjalan.

"Saya bernapas lega, tapi saya juga mengatakan bahwa saya tidak akan merayakan sampai Bob dan Doug sampai di rumah dengan selamat," cetus administrator NASA, Jim Bridenstine, yang menyebut penerbangan astronaut di tanah Amerika adalah prioritas utamanya.

"Ini memang adalah momen besar. Sudah 9 tahun sejak kami memiliki kesempatan seperti ini," tambahnya.

Kebanggaan pun tak dapat disembunyikan oleh warga Amerika dan mereka luapkan di media sosial. "Saya menangis. Perjalanan antariksa sungguh menginspirasi saya. Selamat untuk peluncuran hari ini," tulis seorang netizen.

"Kita kembali, back in the game. Ini sangat memuaskan. USA, USA!," teriak seorang warga yang menyaksikan peluncuran tersebut.

Tonton juga: Momen Bersejarah Peluncuran Roket SpaceX di Florida

[Gambas:Video 20detik]

(fyk/fyk)