Wah! Ada Planet Mirip Bumi di Bintang Terdekat Tata Surya Kita

Wah! Ada Planet Mirip Bumi di Bintang Terdekat Tata Surya Kita

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 29 Mei 2020 19:10 WIB
Exoplanet Keppler-1649c
Ilustrasi. Foto: NASA/Ames Research Center/Daniel Rutter
Jakarta -

Sebuah planet dengan ukuran mirip Bumi terkonfirmasi eksis di bintang Proxima Centauri. Bintang tersebut jaraknya paling dekat dengan Tata Surya kita.

Ilmuwan menamai planet itu Proxima b dengan massa 1,17 kali Bumi. Menariknya lagi, lokasinya berada di zona habitat dari Proxima Centauri. Artinya, ada kemungkinan makhluk hidup dapat menghuninya.

Temuan tersebut telah dipublikasikan di jurnal Astronomy & Astrophysics. Indikasi Proxima b eksis pertama kali muncul tahun 2013 oleh ilmuwan Mikko Tuomi dari University of Hertfordshire. Saat itu pun sudah diduga planet ini mungkin bisa mendukung kehidupan.

Deteksinya menggunakan teknologi Echelle Spectrograph for Rocky Exoplanets and Stable Spectroscopic Observations (Espresso) pada teleskop yang berlokasi di Chile.

Dikutip detikINET dari Independent, ahli astrofisika dan juga pemenang Nobel, Michel Mayor, menyatakan Espresso memungkinkan ilmuwan mengukur massa sebuah planet dengan presisi.

"Mengkonfirmasi eksistensi Proxima b adalah pekerjaan penting dan itu adalah salah satu planet paling menarik di tetangga Tata Surya kita," cetus Alejandro Suarez Mascareno, salah satu periset.