Peringatan Bos Lab Wuhan: COVID-19 Hanya Puncak Gunung Es - Halaman 2

Peringatan Bos Lab Wuhan: COVID-19 Hanya Puncak Gunung Es

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 27 Mei 2020 19:06 WIB
Direktur Lab Wuhan Shi Zhengli
Shi Zhengli. Foto: (Twitter)

Setelah sampel didapat pada 30 Desember, tim Zhengli meyakini biangnya adalah jenis baru virus Corona. Pengalaman mereka selama 15 tahun berguna untuk kejadian semacam itu.

"Contohnya, metode deteksi antibodi dan nucleic acid kami, dan teknologi isolasi virus, membutuhkan waktu eksplorasi lama tapi membuat kami mampu mengidentifikasi patogen saat kami sudah punya sampelnya," papar dia.

Shi sudah menghabiskan waktu bertahun-tahun di laboratorium itu meneliti virus corona dari kelelawar. Setelah meneliti gua kelelawar untuk mencari sampel, Shi dan timnya berhasil mengidentifikasi asal muasal virus SARS yang mewabah di China dari tahun 2002 sampai 2003.

Mengenai tudingan COVID-19 ada sangkut pautnya dengan laboratoriumnya, Shi sudah beberapa kali melontarkan bantahan. Kini pun, dia menyesalkan munculnya teori tersebut dan menilainya sebagai politisasi.

Dia berharap dunia internasional bersatu untuk menghadapi virus semacam ini dan memperoleh manfaat bersama. "Pekerjaan di lab, mengumpulkan sampel dan membuat model peringatan dini membutuhkan ilmuwan dari bidang berbeda dan pengalaman berbeda," cetusnya.

"Satu tim kecil tidak bisa melakukan hal ini sendirian," tambahnya, seperti dikutip detikINET dari South China Morning Post.

(fyk/fay)