Astronaut NASA Selangkah Lagi Menuju Peluncuran Bersejarah

Astronaut NASA Selangkah Lagi Menuju Peluncuran Bersejarah

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 25 Mei 2020 15:02 WIB
In this Jan. 17, 2020 photo made available by SpaceX, NASA astronauts Bob Behnken, left, and Doug Hurley, wearing SpaceX spacesuits, walk through the Crew Access Arm connecting the launch tower to the SpaceX Crew Dragon spacecraft during a dress rehearsal at NASAs Kennedy Space Center in Cape Canaveral, Fla. For their May 27, 2020 mission, Hurley will be in charge of launch and landing and Behnken will oversee rendezvous and docking at the International Space Station. (SpaceX via AP)
Astronaut NASA Selangkah Lagi Menuju Peluncuran Bersejarah Foto: AP
Jakarta -

Dua astronaut NASA selangkah lagi akan mengukir sejarah bersama dengan roket SpaceX. Keduanya baru saja menyelesaikan gladi bersih sebelum terbang ke ISS menggunakan roket Amerika Serikat dari pusat peluncuran di AS untuk pertama kalinya dalam sembilan tahun.

Astronaut Bob Behnken dan Doug Hurley bersama dengan tim misi dari NASA dan SpaceX menjalani gladi bersih terakhir pada Sabtu (23/5). Keduanya dijadwalkan akan terbang menuju ISS pada tanggal 27 Mei dari Pad 39A Kennedy Space Center di Florida, AS.

Dikutip detikINET dari Space, Senin (25/5/2020) dalam gladi bersih tersebut Behnken dan Hurley terlihat mengenakan baju luar angkasa SpaceX dengan warna putih dan abu-abu.

Mereka menuju lokasi peluncuran dengan menumpang mobil Tesla Model X yang dihiasi dengan logo NASA. Mobil tersebut juga memiliki plat nomor yang unik yaitu 'ISSBND' atau ISS Bound.

Kedua astronaut kemudian memasuki kapsul Crew Dragon yang sudah menempel dengan roket Falcon 9 di Pad 39A sejak Kamis pekan lalu. Mereka melakukan gladi bersih selengkap mungkin untuk meniru hari peluncuran tanpa menerbangkan roket.

Dari foto-foto yang dirilis NASA, terlihat bagaimana upaya mereka untuk melindungi kedua astronaut dari pandemi virus Corona. Fotografer dan personel pendukung diminta menggunakan masker dan menerapkan social distancing.

Setelah proses gladi bersih selesai, Behnken dan Hurley akan bertemu dengan beberapa anggota keluarganya yang diterbangkan dari Houston ke Florida untuk melihat peluncuran secara langsung.

Peluncuran bersejarah ini dijadwalkan berlangsung pada 27 Mei pukul 16:33 waktu setempat. Tapi jika hari tersebut diwarnai dengan cuaca buruk dan kontroler memutuskan untuk membatalkan peluncuran, NASA dan SpaceX akan mengundurnya hingga 30 Mei.

Peluncuran ini sebenarnya masih merupakan tes untuk menguji kapsul Crew Dragon dalam membawa awak astronaut menuju ISS. Disebut sebagai Demo-2, misi ini akan membawa Behnken dan Hurley untuk tinggal di ISS selama empat bulan untuk menguji sistem Crew Dragon.

Jika semuanya berjalan lancar, SpaceX akan menerbangkan empat astronaut lainnya menuju ISS pada akhir tahun ini lewat misi Crew-1.



Simak Video "Christina Koch, Astronaut yang Kembali Setelah 328 Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/asj)