Astronaut NASA Bakal Ukir Sejarah Terbang Pakai Roket SpaceX

Astronaut NASA Bakal Ukir Sejarah Terbang Pakai Roket SpaceX

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 24 Mei 2020 12:10 WIB
Astronaut NASA
Doug Hurley dan Bob Behnken. Foto: NASA
Florida -

NASA siap menggelar momen bersejarah. Untuk pertama kalinya dalam waktu cukup lama, dua astronaut NASA akan terbang mengangkasa menggunakan roket buatan perusahaan Amerika Serikat, SpaceX.

Astronaut veteran yang sedang bersiap dalam misi ini adalah Bob Behnken dan Doug Hurley. Mereka akan memakai kapsul Crew Dragon besutan SpaceX yang akan mengantar sampai International Space Station (ISS).

Bersejarah karena ini pertama kalinya setelah hampir satu dekade astronaut AS diangkut ke angkasa oleh roket buatan negara sendiri dan juga dilakukan seluruhnya di AS. Biasanya mereka nebeng roket Soyuz milik Rusia.

Evaluasi dari NASA memastikan tidak ada masalah teknis untuk menunda misi ini. Mereka dijadwalkan mengangkasa pada 27 Mei waktu setempat, di landasan Kennedy Space Center, Florida.

Sesampainya di ISS, Bob dan Doug akan tinggal selama satu sampai empat bulan. Kedua astronaut saat ini sedang menjalani masa karantina ketat untuk memastikan tidak ada bakteri atau virus sampai ke angkasa, apalagi di tengah pandemi Corona.

"Kami menuju peluncuran. The Flight Readiness Review telah menyimpulkan bahwa misi SpaceX Crew Dragon diizinkan untuk proses sampai penerbangan," kata Administrator NASA, Jim Bridenstine.

"Saya baru saja mendengar semuanya berjalan dengan baik, kami bersemangat countdown," ujar Hurley, dikutip detikINET dari Space.com.



Simak Video "NASA Tunda Peluncuran Roket SpaceX Elon Musk"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)