Ada Lowongan Kerja di NASA, Syaratnya Mau Dikurung 8 Bulan

Ada Lowongan Kerja di NASA, Syaratnya Mau Dikurung 8 Bulan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 20 Mei 2020 16:06 WIB
Lightning strikes at dawn near NASAs Orion test vehicle during a rollout on Jun 28, 2019. (Photo: US Space Force website)
NASA Cari Orang yang Mau Dikurung 8 Bulan di Laboratorium (Foto: Situs US Space Force via Channel News Asia)
Jakarta -

Belum bosan tinggal di rumah saja kan? Soalnya NASA membuka lowongan relawan yang mau diisolasi selama delapan bulan di laboratorium Rusia.

Misi ini dilakukan untuk melihat bagaimana efek dari perjalanan luar angkasa jangka panjang yang akan dialami astronaut. Dengan misi NASA yang hendak mengirimkan astronaut ke Bulan dan Mars, astronaut harus mengalami perjalanan luar angkasa hingga berbulan-bulan lamanya.

Perjalanan ini akan memberikan tantangan fisik dan mental bagi astronaut karena mereka tidak hanya harus bertahan hidup, tapi juga melakukan riset ilmiah penting di lingkungan yang sangat berbeda.

Dikutip detikINET dari Space, Rabu (20/5/2020) eksperimen gabungan NASA-Rusia ini akan bertempat di fasilitas tertutup di Institute for Biomedical Problems di Moskow, Rusia.

Partisipan yang bergabung menjadi kru dalam eksperimen ini akan menghabiskan delapan bulan dalam fasilitas tertutup yang lingkungannya mirip dengan apa yang akan dialami astronaut dalam misi menuju Mars.

Para kru yang terpilih akan menghabiskan delapan bulan tersebut tinggal bersama dalam isolasi dan mengerjakan percobaan ilmiah. Mereka juga akan melakukan eksperimen yang mungkin akan dilakukan astronaut masa depan di lokasi seperti permukaan Bulan.

Fasilitas untuk eksperimen isolasi sosial NASAFasilitas untuk eksperimen isolasi sosial NASA Foto: NASA/Institute for Biomedical Problems

Dengan tinggal dan bekerja di lingkungan yang mirip dengan markas manusia di Mars, partisipan dalam eksperimen ini bisa membantu peneliti NASA untuk memahami efek psikologis dan fisiologis yang muncul saat isolasi.

Karena partisipan harus melakukan sejumlah eksperimen saat berada di isolasi tersebut, NASA hanya mencari orang yang memenuhi kualifikasi. Mereka mencari warga negara AS berusia 30-35 tahun yang bisa berbahasa Inggris dan Rusia.

Kandidat juga harus memiliki pendidikan doktoral atau merupakan anggota militer. Mereka yang terpilih juga akan mendapatkan kompensasi dari NASA atas kontribusinya.

"Ada beberapa level kompensasi yang berbeda, tergantung pada apakah kalian terkait dengan NASA atau jika kalian pegawai atau pegawai kontrak NASA," kata NASA dalam keterangan resminya.



Simak Video "Christina Koch, Astronaut yang Kembali Setelah 328 Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)