Mengenal Cara Kerja Robot Pemancar Sinar Ultraviolet

Mengenal Cara Kerja Robot Pemancar Sinar Ultraviolet

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 20 Mei 2020 08:02 WIB
Mediland Hyperlight Disinfection Robot
Foto: Istimewa
Jakarta -

Penggunaan robot pemancar sinar ultraviolet C (UVC) dinilai efektif untuk memperlambat penyebaran virus Corona.

Hal ini diutarakan Handy Gunawan, pendiri Surgika Alkesindo (SA). Menurutnya robot disinfektan yang memancarkan sinar UVC ini bisa mematikan virus dan bakteri tanpa ada paparan langsung ke manusia.

Ia pun menyebut penggunaan sinar UVC lebih aman karena bisa mematikan virus dan bakteri tanpa meninggalkan residu.

Salah satu robot pemancar sinar UVC itu adalah Mediland Hyperlight Disinfection Robot, yang merupakan teknologi robot yang secara spesifik didesain untuk mencegah HAI pada setiap fasilitas kesehatan dengan menggunakan metode disinfeksi Ultraviolet Germicidal Irradiation (UVGI).

Metode ini menggunakan sinar ultraviolet gelombang pendek (UVC) untuk membunuh atau menonaktifkan mikro organisme dengan menghancurkan nucleic acids dan mengganggu DNA mereka sehingga menyebabkan mereka tidak dapat melakukan fungsi selular yang vital.

Mediland Hyperlight Disinfection Robot menggunakan enam lampu amalgam ultra violet (UV) dan teknologi reflektor berputar untuk mendistribusikan secara efektif output UVC ke area sekitarnya guna menonaktifkan dan membunuh mikro organisme.

Penggunaan robot pemancar sinar UVC ini menurutnya cocok untuk fasilitas kesehatan, karena menurut Handy, kontaminasi patogen berbahaya ini kerap terjadi di rumah sakit. Kontaminasi bernama Healthcare-Associated Infection (HAI) lazim terjadi pada peralatan kesehatan di fasilitas kesehatan.

"Resiko ini dapat membahayakan keselamatan tenaga kesehatan dan juga pasien. Terlebih saat ini di seluruh dunia, dan Indonesia khususnya sedang berpacu dengan waktu mengatasi pandemi COVID-19, strain virus corona yang sangat mudah menular," ujarnya dalam keterangan yang diterima detikINET.

Penggunaan Mediland Hyperlight Disinfection Robot pun tidak terbatas pada rumah sakit atau klinik, namun fasilitas umum ataupun kendaraan umum seperti pesawat terbang, MRT, dan bus, serta perkantoran di mana resiko penularan virus juga tinggi dapat menggunakannya untuk sterilisasi peralatan, dan ruangan di area tersebut.

"Hadirnya Mediland Hyperlight Disinfection Robot merupakan solusi aman dan efektif bagi kebutuhan sangat penting untuk kesehatan, sterilisasi, baik rumah sakit, klinik maupun instansi korporasi menengah hingga besar saat pandemi COVID-19 dan juga masa yang akan datang", tutup Handy.



Simak Video "Rekor Lagi! Kasus Positif Corona RI Tambah 14.518"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)