208 Panda Ikut Tes Corona di China

208 Panda Ikut Tes Corona di China

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Senin, 18 Mei 2020 17:00 WIB
Panda
208 Panda Ikut Tes Corona di China (Foto ilustrasi: Getty Images)
Jakarta -

Di China, bukan manusia saja yang ikut tes Corona. Ratusan panda juga ikutan tes di Negeri Tirai Bambu.

Pemerintah China rupanya khawatir panda juga bisa tertular virus Corona. Oleh karena itu pusat penangkaran panda, Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding menggelar tes corona.

Gara-garanya ada kejadian hewan-hewan di Bronx Zoo, New York, Amerika Serikat ketularan virus Corona. Mereka tidak mau itu terjadi di penangkaran panda.

"Panda bisa kena penyakit yang dibawa manusia dan hewan lain. Jadi kami langsung mengambil sampel," kata Zhang Zhihe, sekretaris dari pusat penangkaran panda seperti dilansir News.com Australia, Senin (18/5/2020).



Panda di China dipakai sebagai 'sahabat terapi' untuk membantu orang sembuh dari COVID-19. Pengurus panda membuat video dan live streaming dengan pasien.

"Kami tahu panda punya kemampuan membantu terapi. Tampangnya yang lucu membantu mengurangi kegelisahan pasien," kata Zhang.

Sebelumnya, Calgary Zoo di Kanada juga mengembalikan sepasang panda ke China. Gara-gara COVID-19 mereka kesulitan menyediakan pakan bambu untuk mereka. Sementara, kebun binatang pun ditutup karena pandemi Corona.

Saat ini, diperkirakan ada 1.864 panda hidup di alam liar. 548 Panda ada di kebun binatang dan pusat penangkaran di seluruh dunia.



Simak Video "38 Daerah Berubah Status Jadi Zona Hijau, Mana Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)