Potret Bumi Dilihat dari Merkurius yang Bikin Takjub

Potret Bumi Dilihat dari Merkurius yang Bikin Takjub

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 16 Mei 2020 03:35 WIB
High altitude view of the Earth from space, blue planet with white clouds and deep black space. Elements of this image furnished by NASA.

/urls:
https://images.nasa.gov/details-iss047e137096.html,
https://images.nasa.gov/details-GSFC_20171208_Archive_e000127.html,
https://images.nasa.gov/details-iss013e78960.html,
https://images.nasa.gov/details-iss040e088891.html /
Ilustrasi planet Bumi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Elen11)
Jakarta -

Kemegahan alam semesta tak bisa dipungkiri lagi. Pernah melihat bagaimana wujud Bumi dilihat dari jarak lima juta mil di luar angkasa?

Wahana antariksa BepiColombo baru-baru ini memperlihatkan Bumi dari jarak yang sangat jauh atau yang sedikit lagi wahana tersebut mendekati Merkurius, planet terdekat dengan Matahari.

Sebagaimana dilansir dari Cnet, Sabtu (16/5/2020) pada bulan April kemarin, Bumi seakan 'melambaikan tangan' ke BepiColombo saat terbang menuju Merkurius. Momen itu pun tentunya tak disia-siakan.

Hasilnya bisa dilihat, Bumi begitu kecil, nyaris berupa titik kecil di Tata Surya. Beberapa hasil jepretan BepiColombo tersebut memperlihatkan Bumi semakin memudar dari kejauhan saat wahana ini mencoba mendekati Merkurius.

Adapun gambar visual itu dibagikan Badan Antariksa Eropa (ESA) dirilis pada pekan ini.

Wahana antariksa BepiColombo potret Bumi dari jarak lima juta mil di luar angkasa.Wahana antariksa BepiColombo potret Bumi yang menyerupai titik putih di angkasa yang gelap. Foto: ESA

Diketahui, BepiColombo adalah misi bersama antara ESA dan Badan Antariksa Jepang (JAXA). Wahana itu terdiri dari dua pesawat ruang angkasa yang berpergian bersama.

Melalui misi ini, para ilmuwan berharap dapat mendapat jawaban terkait komposisi, lingkungan, dan medan magnet Merkurius.

BepiColombo yang diluncurkan akhir 2018 itu dijadwalkan sampai ke Merkurius pada 2025 mendatang.



Simak Video "Sekali Seumur Hidup! Hari Ini Puncak Komet Neowise Lintasi Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)