Misteri Galaksi Berbentuk 'X'

Misteri Galaksi Berbentuk 'X'

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 14 Mei 2020 04:15 WIB
SARAO
Galaksi dengan bentuk X terbesar yang pernah ditemukan. (Foto: SARAO)
Jakarta -

Tim peneliti AS dan Afrika Selatan menerbitkan gambar yang sangat terperinci tentang galaksi berbentuk X terbesar yang pernah ditemukan. Bentuk ini didapati pada galaksi PKS 2014-55.

Gambar-gambar baru ini diambil menggunakan teleskop MeerKAT 64-antena di Afrika Selatan, oleh tim peneliti internasional yang dipimpin oleh Bill Cotton dari US National Radio Astronomy Observatory. Tim peneliti juga mengambil gambar rinci galaksi PKS 2014-55 tahun lalu, sebagai bagian dari proyek Evolutionary of the Universe yang dipimpin oleh ahli astrofisika Ray Norris.

Hampir semua galaksi besar memiliki lubang hitam supermasif di pusatnya. Dalam galaksi aktif, pancaran kuat partikel bermuatan dapat muncul dari area di sekitar supermassive black hole.

Para astronom percaya bentuk fenomena ini muncul karena partikel bermuatan elektron bertenaga jet kemungkinan muncul dari area di sekitar lubang hitam supermasif sehingga mengarah berlawanan dan membentuk 'X'.

Temuan ini akan dipublikasikan dalam jurnal Royal Astronomical Society dan menarik untuk dikulik lebih jauh. Galaksi PKS 2014-55 sendiri terletak 800 juta tahun cahaya dari Bumi. Demikian dikutip dari Science Alert.



Simak Video "Asteroid Raksasa Lintasi Bumi, Astronom: Terlihat Seperti Bermasker!"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)