Airbus Bikin Kamera Pendeteksi Virus Corona

Airbus Bikin Kamera Pendeteksi Virus Corona

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Senin, 11 Mei 2020 07:33 WIB
Kamera Pendeteksi Virus Corona Buatan Airbus
Airbus Bikin Kamera Pendeteksi Virus Corona (Foto: Airbus)
Jakarta -

Pabrikan pesawat Airbus tidak ketinggalan mengembangkan teknologi lawan virus Corona. Mereka membuat kamera pendeteksi COVID-19.

Airbus selama ini mengembangkan kamera pendeteksi bau yang sangat sensitif. Teknologi ini dikembangkan sejak 2017 dengan tujuan awal mengendus bau bahan peledak.

Diberitakan Daily Mail Inggris, yang dilihat Senin (11/5/2020) sensor yang inovatif menggunakan mikroprosesor yang dibuat dari sel biologis untuk mengidentifikasi kimia atau mikroba tertentu yang terbang di udara.

Teknologi ini juga sudah dipakai untuk mendeteksi kanker dan influenza. Oleh karena itu, tim pengembang mempertimbangkan kamera canggih ini untuk dipakai melawan pandemi virus Corona.


Tim tersebut adalah Koniku, sebuah start up neuroteknologi yang digandeng Airbus untuk bikin kamera pengendus. Founder dan CEO Koniku, Osh Agabi mengatakan pihaknya bersama Airbus sudah bekerja sama sejak 2017 mengembangkan solusi bioteknologi untuk mendeteksi kimia dan peledak di dalam pesawat atau bandara.

"Sekarang kita mengadaptasi pengembangan kami untuk memasukkan deteksi dan identifikasi ancaman biologi termasuk patogen seperti SARS-CoV-2. COVID-19 adalah ancaman besar dan tidak bisa disikapi biasa," kata Agabi.

Airbus mengatakan penerima pada sensor akan membunyikan alarm jika mendeteksi molekul tertentu. Sistem ini contactless, lebih cepat, lebih murah dan lebih bisa diandalkan daripada anjing pelacak.

"Teknologi ini punya respons cepat di bawah 10 detik dalam kondisi terbaik. Ini hasil yang luar biasa dan harapannya bisa berkembang seiring waktu," kata Julien Touzeau dari Airbus.



Simak Video "38 Daerah Berubah Status Jadi Zona Hijau, Mana Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/afr)