Ternyata Ada Gempa di Bulan!

Ternyata Ada Gempa di Bulan!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 06 Mei 2020 09:40 WIB
Ilustrasi Super Moon
Ditemukan aktivitas seismik pada Bulan baru-baru ini. (Foto: Dikhy Sasra/detikcom)
Jakarta -

Laporan terbaru dari Brown University menemukan bukti adanya 'aktivitas seismik' baru-baru ini yang didukung oleh tanda-tanda yang muncul di Bulan. Ilmuwan yakin bahwa permukaan bulan menunjukkan pergerakan lempeng tektonik, sebagaimana dilansir Happy Mag.

Kutub Selatan-Aitken Bulan diduga sebagai tempat terjadinya aktivitas tersebut. Kombinasi bubungan dan retakan yang dipenuhi magma mengarah ke cekungan diperkirakan telah menghasilkan retakan yang dipenuhi magma aktif dan membuat adanya 'punuk'. Ilmuwan menduga guncangan ini cukup dahsyat dan bisa sampai ke inti Bulan.

"Ada asumsi bahwa Bulan sudah lama mati, tetapi kami terus menemukan bahwa itu belum pasti," kata ahli geologi planet Peter Schultz dari Brown University.

Dari makalah tersebut dijelaskan Bulan masih memiliki kemungkinan berderit dan retak bahkan untuk potensi di masa sekarang -- mengingat masih ditemukan bukit-bukit yang ada di Bulan.

Sementara itu, gerakan tektonik bukanlah konsep baru. Seismometer yang dibuat oleh astronaut Apollo beberapa dekade lalu menunjukkan gempa Bulan yang lemah jauh di bawah permukaan.

"Bulan memiliki kenangan yang panjang. Apa yang kami lihat di permukaan hari ini adalah kesaksian akan sejarahnya dan rahasia yang masih tersimpan," tutup Schultz.



Simak Video "Tersandung hingga Terjatuh, Tingkah Astronaut saat Mendarat di Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)