Bill Gates yang Tahu Segalanya Soal Vaksin Corona

Bill Gates yang Tahu Segalanya Soal Vaksin Corona

Tim - detikInet
Senin, 04 Mei 2020 03:07 WIB
PARIS, FRANCE - JUNE 27:  Bill Gates, the co-Founder of the Microsoft company and and co-Founder of the Bill and Melinda Gates Foundation, delivers a speech during a press conference at the Solidays festival, on June 27, 2014 in Paris, France. Bill Gates visited the 16th edition of the Solidays music festival, dedicated to the fight against AIDS.  (Photo by Thierry Chesnot/Getty Images)
Bill Gates. Foto: Getty Images/Thierry Chesnot
Jakarta -

Berkecimpung di yayasan kemanusiaan Bill & Melinda Gates Foundation miliknya, Bill Gates dan istrinya Melinda memang sejak lama menaruh perhatian pada isu kesehatan global. Maka ketika pandemi Corona merebak, mereka pun aktif membahas sekaligus mengambil tindakan.

Yayasan itu telah berkomitmen USD 250 juta untuk membantu mengatasi Corona. Selain itu, Gates juga berulangkali menjelaskan soal vaksin Corona yang ia dukung pengembangannya. Berikut cukup banyak hal soal vaksin COVID-19 menurut dia.

Prediksi Vaksin Corona Tersedia

"Vaksin pertama akan diberikan pada pekerja kesehatan dan mereka yang penting. Ini bisa terjadi sebelum 18 bulan mendatang jika semuanya berjalan dengan baik," cetus sang pendiri Microsoft.

Perkiraan Bill Gates sesuai dengan beberapa pihak berwewenang. Anthony Fauci, kepala National Institutes of Health di Amerika Serikat, menyebut vaksin akan tersedia dalam waktu 12 sampai 18 bulan.

"Kita harus membuat banyak manufaktur untuk pendekatan berbeda-beda karena tahu sebagian tidak akan berhasil. Vaksin membutuhkan uji coba untuk memastikannya efektif dan aman," tandas Gates.

Gates juga siap mengeluarkan miliaran dolar untuk membangun pabrik kandidat vaksin corona melalui yayasannya. "Karena yayasan kami memiliki keahlian mendalam terkait penyakit menular, kami telah memikirkan epidemi, kami mendanai beberapa hal untuk lebih siap, seperti upaya (menciptakan-red) vaksin," ujar Gates.

Berapa Harganya?

"Kita harus memastikan vaksin ini harganya sangat rendah dan ada dana untuk membelinya bagi setiap orang, apakah Anda berada di negara berpendapatan rendah, menengah atau tinggi. Dan itu bisa dilakukan," jawab Melinda Gates saat ditanya mengenai harga vaksin corona nantinya.

Di kesempatan lain, Bill Gates menyebut masalah keuntungan atau harga sama sekali tidak ia pikirkan. "Kami mendanai inovator untuk menciptakan vaksin, kami akan mendapatkan komitmen bahwa mereka tidak akan mencoba membuat profit berarti dari hal ini, karena ini adalah tipe kebutuhan darurat," tegasnya.

"Kami akan membuat vaksin tersebut semurah yang kami bisa dan tidak ada keraguan bahwa uang (kami) akan atau seharusnya mendanai pembelian vaksin itu untuk setiap orang di planet ini," tambah Bill.