4 Hewan yang Hidup Jauh Sebelum Dinosaurus Muncul

4 Hewan yang Hidup Jauh Sebelum Dinosaurus Muncul

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 01 Mei 2020 16:39 WIB
Artists life reconstruction of the titanosaurian dinosaur Mansourasaurus shahinae on a coastline in what is now the Western Desert of Egypt approximately 80 million years ago is pictured in this undated handout image obtained by Reuters on January 29, 2018.   Andrew McAfee/Carnegie Museum of Natural History/Handout via REUTERS  ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY.  NO RESALES. NO ARCHIVE. NO SALES     TPX IMAGES OF THE DAY
Deretan hewan yang hidup sebelum era dinosaurus (Foto: Andrew McAfee/Carnegie Museum of Natural History/Handout via REUTERS)
Jakarta -

Ketika bicara soal hewan zaman dulu, yang pertama kali terlintas adalah dinosaurus. Namun ternyata ada hewan yang hidup jauh sebelum para raksasa itu ditemukan.

Dikutip dari Earthly Universe, berikut ini adalah lima hewan yang mungkin belum pernah kamu lihat sebelumnya dan jauh lebih sepuh dari si eyang dinosaurus.

1. Dickinsonia

Fosil Precambrian yang paling ikonik adalah fosil yang dimiliki oleh makhluk aneh bernama Dickinsonia, yang mana hidup pada masa Ediacaran, periode tepat sebelum Cambrian. Fosil-fosil cantik ini berusia hingga 600 juta tahun dan dianggap sebagai makhluk seperti ubur-ubur yang panjangnya berkisar dari beberapa milimeter sampai satu meter.

4 Hewan yang Hidup Jauh Sebelum Dinosaurus Muncul

Ilustrasi penampakan Dickinsonia. Foto: Nobu Tamura

Namun, satu-satunya hal yang konsisten tentang organisme ini adalah bahwa mereka bilateral, artinya mereka memiliki tubuh simetris. Sebagai catatan, ini tidak sepenuhnya diyakini sebagai binatang melainkan bisa jadi merupakan tanaman primitif, jamur, atau mungkin kingdom mahluk hidup yang sudah punah. Kalau menurut kamu bagaimana, detikers?

2. Haikouichthys

Haikouichthys adalah ikan primitif tanpa rahang yang tumbuh hanya sekitar 1 inch atau 2,5 cm dan ditemukan antara 520-535 juta tahun lalu.

Ilustrasi penampakan Haikouichthys. Foto: Nobu TamuraIlustrasi penampakan Haikouichthys. Foto: Nobu Tamura

Tidak seperti hampir semua hewan fosil lainnya yang berasal dari masa yang sama, haikouichthys paling terkenal karena memiliki kepala dan ekor yang berbeda dan hampir menyerupai ikan modern.

3. Pneumodesmus newmani

Ilustrasi penampakan Pneumodesmus newmani. Foto: Matteo De Stefano/MUSEIlustrasi penampakan Pneumodesmus newmani. Foto: Matteo De Stefano/MUSE

428 juta tahun yang lalu, menjelang akhir periode Silurian, seekor kaki seribu kecil bernama Pneumodesmus newmani menjadi makhluk pertama yang diketahui menghirup udara dan hidup di darat. Makhluk kecil diketahui dari satu fragmen fosil yang hanya sepanjang 1 cm dan ditemukan di Skotlandia pada tahun 2004.

4. Jaekelopterusm

Selama periode Devonian, sekitar 390 juta tahun lalu, hiduplah Jaekelopterusm kalajengking laut yang sangat besar. Ia tumbuh hingga 2,5 meter menjadikannya arthropoda terbesar yang pernah ada.

Ilustrasi penampakan Jaekelopterusm. Foto: Dmitry BogdanovIlustrasi penampakan Jaekelopterusm. Foto: Dmitry Bogdanov

Namun, bukti menunjukkan bahwa makhluk itu tinggal di dasar sungai dan daerah air tawar lainnya bukan di lautan terbuka. Hewan ini bahkan dipercaya sebagai puncak dari mata rantai makanan di eranya.



Simak Video "Ngeri! Ini Dia Beragam Teori tentang Kemusnahan Hidup di Muka Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)