Misteri Apakah Dinosaurus Bisa Berenang Terpecahkan

Misteri Apakah Dinosaurus Bisa Berenang Terpecahkan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 30 Apr 2020 17:34 WIB
Dinosaurus Berenang
Spinosaurus aegyptiacus yang bisa berenang. (Foto: National Geographic)
Jakarta -

Selama ini, belum ada bukti apakah ada dinosaurus yang bisa berenang. Setelah beberapa kali penelitian, akhirnya ilmuwan menyimpulkan pernah ada makhluk penguasa Bumi jutaan tahun silam itu yang bisa melakukannya.

Seperti dikutip detikINET dari Live Science, fosil ekor Spinosaurus aegyptiacus yang ditemukan di Maroko mengungkap jika dinosaurus dengan gigi tajam itu mampu berenang.

Spinosaurus, predator yang bisa tumbuh sepanjang 7 meter ini, memiliki ekor lebar dengan kegunaan mirip seperti yang ada di buaya modern. Mereka dipastikan adalah hewan air dan memburu mangsanya di sungai.

"Penemuan ini memulai narasi baru tentang apa yang bisa dilakukan oleh dinosaurus," kata salah satu peneliti, Nizar Ibrahim dari University of Detroit Mercy, Amerika Serikat.

Dalam risetnya, tim ilmuwan meneliti bagaimana struktur tubuh Spinosaurus memungkinkan mereka berenang. Hasilnya, mereka menyimpulkan Spinosaurus dapat lalu lalang di air seperti halnya vertebrata air saat ini.

"Ekor Spinosaurus yang seperti sirip adalah penemuan terobosan yang secara fundamental mengubah pemahaman kita tentang bagaimana dinosaurus hidup dan berburu. Binatang ini adalah monster sungai," kata periset lainnya, David Unwin.

Memang ada binatang di era yang sama seperti Mosaurus dan Plesiosaurus meneror lautan di masa dinosaurus. Namun mereka tidak dianggap sebagai famili dinosaurus.

Dengan demikian tidak hanya dinosaurus menjadi predator top di darat dan udara pada waktu itu, mereka juga diperkirakan dominan di perairan berkat kehadiran Spinosaurus.



Simak Video "Ngeri! Ini Dia Beragam Teori tentang Kemusnahan Hidup di Muka Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)