China Ungkap Nama dan Logo untuk Misi Eksplorasi Mars

China Ungkap Nama dan Logo untuk Misi Eksplorasi Mars

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 27 Apr 2020 05:17 WIB
misi China ke Mars
China Ungkap Nama dan Logo untuk Misi Eksplorasi Mars (Foto: CNSA)
Jakarta -

China mengungkap nama dan logo untuk misi eksplorasi Mars pertamanya. Pengumuman ini dilakukan bersamaan dengan peringatan 50 tahun sejak China meluncurkan satelit pertamanya.

China National Space Administration (CNSA) mengumumkan nama misi ini adalah Tianwen-1. Dikutip detikINET dari Space, Senin (27/4/2020) nama ini diambil dari syair China kuno oleh penyair Qu Yuan yang jika diterjemahkan berarti 'pertanyaan tentang surga'.

Director CNSA Zhang Kejian mengatakan organisasinya akan menggunakan nama Tianwen untuk semua misi penjelajahannya ke planet lain. CNSA juga mengungkap logo misi ini yang dibentuk mirip huruf 'C' dan memperlihatkan planet di orbit dengan kata 'Mars' di bagian bawah.

Logo misi Tianwen-1Logo misi Tianwen-1 Foto: CNSA

Misi ini dijadwalkan meluncur pada Juli mendatang menggunakan roket Long March 5 dari Wenchang, China. Misi Tianwen-1 akan mencoba menempatkan orbiter yang mengangkasa di langit Mars, sekaligus mendaratkan lander dan robot penjelajah di permukaan Mars.

Tianwen-1 diperkirakan akan mencapai Mars pada Februari 2021, tapi untuk mendaratkan lander dan robot penjelajah baru akan berlangsung beberapa bulan setelahnya. Misi ini dirancang untuk mempelajari komposisi atmosfer Mars serta mempelajari bukti kehidupan lampau dan masa kini di Planet Merah tersebut.

Belum diketahui detail lebih lanjut tentang misi dan wahana antariksa yang akan digunakan, tapi lander dan robot penjelajah Tianwen-1 akan mendarat di dua calon lokasi di kawasan Utopia Planitia. Robot penjelajah beroda enam ini dirancang untuk beroperasi selama tiga bulan saat berada di permukaan Mars.

Misi Tianwen-1 merupakan percobaan kedua China untuk mencapai planet Mars. Sebelumnya pada tahun 2011 mereka meluncurkan orbiter Yinghuo-1 bersama misi Phobos-Grunt milik Rusia, tapi roket yang membawanya gagal terbang.

Jika misi ini berhasil, maka China akan menjadi negara ketiga yang berhasil mendarat di Mars setelah Amerika Serikat dan Rusia. China juga akan menjadi negara kedua yang berhasil menjelajahi Mars setelah Amerika Serikat.



Simak Video "Rover Zhurong dari China Lalui 100 Hari di Planet Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)