Akibat Corona, Pegawai NASA Setir Rover Planet Mars dari Rumah

Akibat Corona, Pegawai NASA Setir Rover Planet Mars dari Rumah

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 23 Apr 2020 20:32 WIB
Curiousity Selfie
Curiousity Rover yang ada di Mars. (Foto: NASA)
Jakarta -

Di tengah pandemi virus Corona, banyak orang yang terpaksa membawa pekerjaannya ke rumah, termasuk staf NASA yang mengoperasikan Curiosity Rover Mars. Mereka yang tergabung dalam tim biasanya melakukan kegiatan di NASA's Jet Propulsion Laboratory di California (JPL), Amerika Serikat.

Ilmuwan dari JPL pun membagikan momen mereka bekerja dari ruang tengah mereka atau di ruang kerja rumah masing-masing. Terlihat dibutuhkan banyak alat dan monitor yang digunakan untuk memantau Curiosity Rover serta guna saling berkomunikasi antar anggota.

Work from Home (WFH) para ilmuwan JPL dilakukan pertama kalinya pada 20 Maret. Video conference menjadi salah satu bagian yang tak terpisahkan selama WFH.

Di tengah pandemi virus Corona, banyak orang yang terpaksa membawa pekerjaannya ke rumah, termasuk staf NASA yang mengoperasikan Curiosity Rover Mars.Di tengah pandemi virus Corona, banyak orang yang terpaksa membawa pekerjaannya ke rumah, termasuk staf NASA yang mengoperasikan Curiosity Rover Mars. Foto: NASA/JPL-Caltech


"Kami biasanya semua berada dalam satu ruangan, berbagi layar, gambar, dan data. Orang-orang berbicara dalam kelompok-kelompok kecil dan satu sama lain dari seberang ruangan," kata ketua tim, ahli astrofisika, Alicia Allbaugh sebagaimana dikutip dari Science Alert.

Tentunya ada perbedaan lainnya. Jika biasanya di lab mereka mengenakan 3D Googles, kini mereka hanya memakai kacamata dengan lensa biru-merah.

Meski demikian, bekerja dari rumah tidaklah mempengaruhi produktivitas mereka. Terbukti, tim mereka tetap bisa menangkap beberapa citra yang menakjubkan dan membuat beberapa penemuan menarik setelah hampir delapan tahun rover tersebut mendarat.



Simak Video "Melihat Panorama Permukaan Mars dari Dekat"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)