7 Fakta Lumba-lumba, Hewan Tercerdas di Dunia

7 Fakta Lumba-lumba, Hewan Tercerdas di Dunia

Puti Yasmin - detikInet
Kamis, 23 Apr 2020 15:11 WIB
Lumba-lumba berenang bareng anjing di Bahama
Lumba-lumba, hewan paling cerdas (Foto: Adam Dreffin/Instagram)
Jakarta -

Lumba-lumba menjadi salah satu hewan mamalia yang ramah terhadap manusia. Hewan ini juga dikenal memiliki tingkat IQ atau kecerdasan yang tinggi.

Walaupun hidup di air, lumba-lumba berbeda dengan binatang laut pada umumnya. Sebab, lumba-lumba bernafas dengan paru-paru untuk beraktivitas dan bukan insang.

Fakta menarik lumba-lumba dikutip dari berbagai sumber:

1. Saling Mengetahui Nama

Lumba-lumba yang satu dengan yang lain saling mengetahui nama. Sebab berdasarkan sebuah studi, mereka memiliki bahasa sendiri untuk berkomunikasi.

Adapun, cara berkomunikasi lumba-lumba layaknya sebuah telepon. Ia bisa mengetahui siapa yang tengah berbicara dengannya.

2. Bisa Membunuh Anaknya Sendiri

Jenis lumba-lumba hidung botol diketahui bisa membunuh anaknya sendiri. Selain itu, jenis ini memiliki kebiasaan melempar mangsanya ke atas permukaan laut menggunakan ekornya.

Kemudian, lumba-lumba menangkap sang mangsa untuk dimakan.

3. Tidur dengan Satu Mata Tertutup

Bila hewan tidur dengan menutup kedua matanya, maka lumba-lumba berbeda. Sebab, hewan ini diketahui hanya menutup satu matanya saat tertidur karena hanya setengah otaknya yang masuk dalam mode tidur.

Tidur menjadi aktivitas yang agak sulit bagi lumba-lumba karena mereka bernapas menggunakan paru-paru. Sehingga harus naik ke permukaan setiap akan bernapas.

4. Hidup Selama 15 Tahun

Usia hidup lumba-lumba rata-rata hanya selama 15 tahun. Singkatnya masa hidup hewan ini dikarenakan daya tahan tubuhnya yang rentan terhadap virus, bakteri, hingga jamur.

Walaupun begitu, ada beberapa jenis lumba-lumba yang bisa hidup hingga 50 dan 60 tahun.

5. Tidak Mengunyah Makanan

Hewan ini memiliki gigi dengan jumlah mencapai 100. Namun uniknya, lumba-lumba tidak mengunyah makanan dan langsung menelannya karena memiliki lambung yang berfungsi untuk mencernanya.

Jenis makanan lumba-lumba menyesuaikan lokasinya. Untuk yang tinggal di pantai biasa memakan ikan dan invertebrata bawah laut. Sedangkan yang tinggal di lepas pantai biasa memakan ikan dan cumi-cumi.

6. Melahirkan seperti Manusia

Sama seperti manusia, lumba-lumba juga melahirkan anak. Namun, masa kandungannya mencapai 9-17 bulan tergantung dengan jenisnya.

Saat akan melahirkan, hewan ini biasa memisahkan diri dari kelompoknya dan mencari permukaan air. Biasanya ibu dan anak akan tinggal bersama dalam kurun waktu 3 sampai 8 tahun.

7. Terancam Punah

Beberapa jenis lumba-lumba terancam punah dan hilang dari permukaan bumi, salah satunya adalah lumba-lumba pink. Hewan ini biasanya bisa dilihat di perairan Hong Kong, Macau, Thailand, hingga Vietnam.



Simak Video "Penampakan Lumba-lumba yang Terperangkap Masuk ke Empang Warga di Sulsel"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)