Tentang Lebah: Disebut di Al Qur'an, Jadi Google Doodle di Hari Bumi

Kalam of The Day

Tentang Lebah: Disebut di Al Qur'an, Jadi Google Doodle di Hari Bumi

Lusiana Mustinda - detikInet
Rabu, 22 Apr 2020 19:13 WIB
budi daya lebah jawa yang makin langka
Manfaat lebah dan madu. Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Jakarta -

Lebah merupakan serangga yang hidupnya berkelompok dan masuk ke dalam suku atau familia Apoidae. Menyambut Hari Bumi ke-50 yang jatuh pada Rabu (22/04/2020), laman pencarian Google menampilkan doodle dengan permainan interaktif bergambar lebah.

Menurut para ilmuwan, lebah adalah hewan yang sangat penting bagi keberlangsungan ekosistem. Ia pun diabadikan sebagai nama Surat di dalam Al Qur'an yakni surat An-Nahl. Di dalam Al Qur'an Surat An-Nahl adalah surat ke 16 dan terdiri dari 128 ayat.

Lebah juga termasuk salah satu binatang istimewa dalam Al Qur'an. Hewan ini juga disebut sebagai hewan yang serba guna dan memberikan banyak kegunaan bagi manusia mulai awal hidupnya hingga akhir hidupnya.

Allah berfirman dalam Surat An-Nahl ayat 69:

ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: "Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah SWT) bagi orang-orang yang memikirkan."

lebah madulebah madu Foto: istimewa

Dikutip dalam buku berjudul 'Kajian Islam Profesi Peternakan' oleh Retno Widyani menjelaskan keistimewaan utama dari lebah adalah ia dapat menghasilkan madu.

Madu bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan makanan di dalam tubuh manusia karena kandungannya yang kaya. Mulai dari antibiotik alami, antioksidan, vitamin B1, B2 dan masih banyak lagi.

Rasulullah SAW pun menggunakan madu sebagai metode penyembuhan penyakit selain habbatusauda dan bekam.

Tidak hanya madu, sengatan lebah juga sering dimanfaatkan sebagai terapi penyembuhan berbagai penyakit. Venom (racun lebah) terbukti bermanfaat untuk melancarkan aliran darah jika disengatkan pada bagian tepat di area tubuh tertentu.

Robot Mata-Mata di Sarang Lebah Lebah Bantu Pencegahan Kepunahan Penyerbuk BergunaRobot Mata-Mata di Sarang Lebah Lebah Bantu Pencegahan Kepunahan Penyerbuk Berguna Foto: DW (Soft News)

Berkat keistimewaannya tersebut, dalam Al Qur'an nama lebah dijadikan sebuah nama surat yakni surat An Nahl. Di dalam surat ini Allah SWT mewahyukan kepada lebah untuk membuat sarang-sarang di perbukitan, pepohonan dan bangunan-bangunan yang dibuat manusia.

Sarang yang para lebah buat berbentuk segi enam. Ini adalah bentuk yang paling sempurna, paling simetris dan paling kokoh.



Simak Video "Meriahnya Perayaan Hari Bumi, Bantul"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)