Stephen Hawking, Ahli Fisika yang Anjurkan Manusia Cari Planet Baru

Stephen Hawking, Ahli Fisika yang Anjurkan Manusia Cari Planet Baru

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 17 Apr 2020 07:02 WIB
Stephen Hawking
Mengenang Stephen Hawking yang menyarankan manusia untuk bergegas menemukan planet layak huni. Foto: Reuters/MIKE HUTCHINGS
Jakarta -

Stephen Hawking merupakan sosok yang disegani. Ia dikenal dengan ucapannya yang bijak dan ketertarikannya dengan alam semesta. Salah satunya adalah 'My goal is simple. It is a complete understanding of the universe, why it is as it is and why it exists at all'.

Hal ini mengingatkan detikINET dengan sebuah saran yang dianjurkan oleh profesor yang kisah hidupnya sempat difilmkan ini mengenai kehidupan manusia di Bumi. Saran itu ialah... segera cari planet baru untuk dihuni.

Dikutip dari Wired, Profesor Hawking pernah berkata dalam series sains BBC yakni Tomorrow's World. Ia memikirkan mengenai perubahan iklim, serangan asteroid, dan pertumbuhan populasi yang terus menerus.

"Aku percaya bahwa kita harus mulai mencari planet alternatif yang memungkinkan untuk dihuni. Kita kehabisan ruang pada Bumi dan kita perlu 'menembus' batasan teknologi yang mencegah kita hidup di tempat lain di alam semesta," ujarnya kala itu di tahun 2017.

"Aku tidak sendiri mengenai pandangan ini," ungkapnya. Dan ia benar, Hawking bukanlah satu-satunya yang menganjurkan kehidupan di multi-planet.

Bos SpaceX, Elon Musk adalah salah satunya. Ia memiliki rencana besar untuk meluncurkan koloni luar angkasa dalam 100 tahun ke depan dan NASA mengatakan misi Mars-nya dapat membantu menempatkan manusia secara permanen di planet lain.

Musk sendiri menyebut bahwa ada 70% kemungkinan ia juga akan terbang menuju Mars. Walaupun ia sadar bahwa ada risiko kematian.

Berjalannya waktu, dunia pun kehilangan sosok luar biasa -- Prof Hawking. Dua hari yang lalu merupakan peringatan kepergian Stephen Hawking yang meninggal pada 14 Maret 2018 karena amyotrophic lateral sclerosis (ALS).



Simak Video "17 Eksoplanet Ditemukan, Salah Satunya Layak Huni"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)