Ilmuwan Temukan Toilet Pintar yang Bisa Deteksi Penyakit

Ilmuwan Temukan Toilet Pintar yang Bisa Deteksi Penyakit

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 08 Apr 2020 08:31 WIB
toilet pintar bisa deteksi penyakit
Ilmuwan Temukan Toilet Pintar yang Bisa Deteksi Penyakit Foto: Sanjiv S. Gambhir/Nature Biomedical Engineering
Jakarta -

Peneliti menemukan toilet pintar yang bisa menganalisa berbagai penyakit dengan meneliti tinja dan urine. Tidak hanya itu toilet ini juga bisa mengidentifikasi pengguna menggunakan sidik jari.

Toilet eksperimental ini diciptakan oleh peneliti dari Stanford University yang hasil penelitiannya diterbitkan di jurnal Nature Biomedical Engineering. Uji coba toilet ini diikuti 21 partisipan selama beberapa bulan.

"Toilet pintar ini merupakan cara yang sempurna untuk mengumpulkan sumber data yang biasanya dihiraukan, dan pengguna tidak harus melakukan apa pun secara berbeda," kata pemimpin studi ini Sanjiv Gambhir dalam keterangannya yang dikutip detikINET dari Cnet, Rabu (8/4/2020).

Toilet yang digunakan sebenarnya merupakan toilet duduk biasa. Untuk membuatnya menjadi pintar, toilet ini dilengkapi dengan sensor pendeteksi gerakan berteknologi tinggi.

Toilet ini merekam video dari tinja dan urine pengguna yang kemudian diproses oleh algoritma. Algoritma ini bisa menentukan durasi keluarnya urine sekaligus kepadatan sampel tinja.

Toilet pintar ini juga bisa menggunakan strip uranalysis untuk menghitung sel darah putih di urine dan mendeteksi level protein yang bisa menentukan apakah pengguna sedang sehat atau menderita infeksi kandung kemih, kanker, diabetes atau gagal ginjal.

Untuk memastikan bahwa analisis yang dihasilkan sesuai dengan penggunanya, toilet ini menggunakan sistem two-factor authentication yang sedikit aneh. Selain sidik jari, toilet ini juga bisa mendeteksi penggunanya berdasarkan pola anus mereka.

"Poin pentingnya adalah untuk memberikan feedback kesehatan yang presisi, individual jadi kita harus memastikan toilet ini bisa membedakan pengguna. Kami tahu ini terlihat aneh, tapi ternyata, pola anus manusia sangat unik," kata Gambhir.

Data yang dikoleksi oleh toilet ini disimpan di cloud untuk diakses oleh dokter nantinya. Walau toilet ini memindai anus penggunanya, fotonya tidak akan disimpan di cloud atau bahkan diteruskan ke dokter.

Mau tau sebenarnya Bumi ini bulat atau datar? Yuk dengerin pembahasannya di podcast Obat Gaptek di bawah ini



Simak Video "Bantu Tenaga Medis Lawan Corona, KSAD Siapkan Toilet Portabel"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)