Astronom Temukan Lubang Hitam Istimewa 'Menelan' Bintang

Astronom Temukan Lubang Hitam Istimewa 'Menelan' Bintang

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 08 Apr 2020 06:03 WIB
Lubang hitam
Ilustrasi Lubang Hitam menelan sebuah bintang. Foto: Reuters
Paris -

Ilmuwan mendeteksi lubang hitam dengan ukuran menengah yang sedang 'menelan' sebuah bintang. Penemuan itu membuat mereka girang lantaran lubang hitam semacam ini dianggap sebagai missing link dalam memahami obyek antariksa tersebut.

Memakai data dari Hubble Space Telescope dan dua observatorium, periset menentukan lubang hitam tersebut lebih dari 50 ribu kali massa Matahari dan jaraknya 740 juta tahun cahaya dari Bumi, di sebuah galaksi kecil yang mengandung jauh lebih sedikit bintang dibanding Bima Sakti.

Ia merupakan lubang hitam yang jauh lebih kecil ketimbang lubang hitam super masif di tengah galaksi, akan tetapi juga jauh lebih besar dibanding lubang hitam yang terbentuk dari kolapsnya bintang individu.

"Kami bisa konfirmasi bahwa obyek yang telah kami temukan di 2010 ini adalah benar sebuah black hole massa menengah yang menghancurkan dan menelan bintang," kata ahli astrofisika Natalie Webb dari University of Toulouse, Perancis.

Bintang yang malang itu ukurannya diperkirakan sepertiga massa Matahari. Dikutip detikINET dari Reuters, ia menuturkan bahwa ilmuwan telah mencoba mencari lubang hitam semacam itu selama 4 dekade. Namun kurang dari 10 sampel yang bagus ditemukan.

"Jadi menemukan yang baru sangat signifikan. Selain itu, sebuah lubang hitam menelan sebuah bintang terjadi rata-rata hanya sekali dalam 10 ribu tahun di galaksi tertentu sehingga ini merupakan peristiwa langka," jelasnya.

Lubang hitam dengan massa ukuran menengah ini membantu pemahaman tentang jenis lubang hitam. Ada kemungkinan lubang hitam super masif berasal dari lubang hitam menengah meskipun hal ini masih merupakan teori.

Mau tau sebenarnya Bumi ini bulat atau datar? Yuk dengerin pembahasannya di podcast Obat Gaptek di bawah ini

(fyk/fay)