Lubang Ozon Baru Muncul di Kutub Utara

Lubang Ozon Baru Muncul di Kutub Utara

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 07 Apr 2020 20:18 WIB
lubang ozon di arktik
Lubang Ozon Baru Muncul di Kutub Utara (Foto: DLR/BIRA/ESA)
Jakarta -

Ada lubang baru yang muncul di lapisan ozon. Anehnya, lubang ini muncul di wilayah yang tidak terduga yaitu Kutub Utara atau Arktik.

Lubang ozon yang selama ini kita ketahui berada di Kutub Selatan atau Antartika. Lubang ini telah diawasi oleh peneliti sejak tahun 1980-an, tapi kini lubang baru yang lebih kecil di Arktik yang ikut membuat khawatir.

Dikutip detikINET dari Cnet, Selasa (7/4/2020) penemuan lubang ozon mini ini diumumkan oleh European Space Agency (ESA). Pembentukan lubang ozon ini dimonitor oleh peneliti dari German Aerospace Center menggunakan data dari satelit Copernicus Sentinel-5P.

Kondisi ozon di Antartika selalu berubah-ubah tiap musimnya. Hal ini dikarenakan temperatur di Antartika lebih dingin daripada di Arktik.

Karena suhu di Arktik lebih hangat ketika musim semi, reaksi kimia yang mendorong menipisnya lapisan ozon jarang terjadi. Tapi tahun ini berbeda karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi.

ESA mengatakan kondisi atmosfer yang tidak biasa menjadi penyebabnya. Termasuk suhu yang sangat dingin di stratosfer, polar vortex yang sangat kuat dan kedatangan cahaya matahari setelah musim dingin.

Kabar baiknya, ukuran lubang ozon di Arktik hanya sebagian kecil jika dibandingkan lubang ozon klasik yang ada di Antartika. Peneliti memperkirakan lubang ini akan menutup pada pertengahan April.

Lapisan ozon dideskripsikan NASA sebagai tabir surya yang ada di atmosfer. Lapisan ini melindungi Bumi dan kehidupan di dalamnya dari radiasi ultraviolet yang dipancarkan oleh Matahari.

Untuk lubang ozon di Antartika yang selama ini selalu dikhawatirkan sebenarnya sudah mulai pulih. Pada tahun 2019 ukuran lubang ini merupakan yang terkecil dalam sejarah dan diperkirakan akan menutup dalam beberapa dekade kemudian.



Simak Video "Rahasia di Balik Kehidupan Bawah Laut Antartika"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)