Secercah Harapan! Obat Ini Diklaim Cegah COVID-19 Tahap Awal

Secercah Harapan! Obat Ini Diklaim Cegah COVID-19 Tahap Awal

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 06 Apr 2020 17:09 WIB
virus corona
Tim peneliti mengembangkan obat untuk mengatasi infeksi COVID-19 pada tahap awal. (Foto: Getty Images/iStockphoto/wildpixel)
Jakarta -

Tim internasional yang dipimpin oleh peneliti dari University of British Columbia Dr Josef Penninger menemukan obat percobaan yang dipercaya bisa secara efektif memblok SARS-CoV-2 -- nama lain virus corona -- untuk menginfeksi inang. Penemuan ini dipublikasikan di Cell, 2 April 2020.

Pengobatan ini dipercaya bisa mengatasi infeksi awal virus corona, dan menurut data per 2 April ini sudah menunjukkan efek positif kepada lebih dari 981 ribu orang.

Studi ini tentunya menjadi secercah harapan di tengah pandemi virus corona yang terjadi di dunia sejak pertama kali merebak di Wuhan, China dan bisa membantu ilmuwan memahami lebih lanjut soal virus yang menyebabkan COVID-19, interaksinya pada tingkat sel, serta bagaimana virus dapat menginfeksi pembuluh darah dan ginjal.

"Kami berharap hasil kami memiliki implikasi untuk pengembangan obat baru guna pengobatan pandemi yang belum pernah terjadi sebelumnya ini," kata Penninger, profesor fakultas kedokteran UBC, direktur Life Sciences Institute dan Canada 150 Research Chair in Functional Genetics di UBC.

Ia menambahkan, pekerjaan ini adalah hasil dari kolaborasi antara peneliti dan perusahaan akademis, termasuk kelompok gastrointestinal Dr Ryan Conder dari STEMCELL Technologies di Vancouver, Nuria Montserrat asal Spanyol, Drs Haibo Zhang dan Art Slutsky dari Toronto, serta tim biologi infeksius Ali Mirazimi di Swedia.

"(Tim -- red) telah bekerja tanpa kenal lelah siang dan malam selama berminggu-minggu untuk lebih memahami patologi penyakit ini dan untuk memberikan terobosan pilihan terapi," ucapnya. Demikian dikutip dari Eurekalert.



Simak Video "Terbentur Izin, Produksi Obat Corona Fujifilm Molor"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)