Diare Salah Satu Gejala pada Pasien COVID-19 Level Ringan

Diare Salah Satu Gejala pada Pasien COVID-19 Level Ringan

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 06 Apr 2020 16:36 WIB
Woman sitting in the toilet
Masalah pencernaan khususnya diare kerap menjadi gejala dari infeksi virus corona ringan. (Foto: iStock)
Jakarta -

Sebuah studi yang dipublikasikan The American Journal of Gastroenterology menganalisis gejala masalah pencernaan dilaporkan oleh banyak pasien COVID-19 dengan kondisi ringan, dibandingkan dengan mereka yang memiliki kondisi sedang atau kritis.

Studi yang dipublikasikan pada 30 Maret 2020 ini juga menemukan kelompok dengan kondisi ringan biasanya mengalami diare.

Para penulis dari Union Hospital and Tongji Medical College di Wuhan, China mengatakan ketika orang yang mengidap kondisi ringan akibat virus corona, mereka bisa jadi atau tidak sama sekali mengalami masalah pernapasan atau demam.

Dikutip dari Coronavirus Today, diarenya sendiri berdurasi selama lima hari dengan frekuensi 4 kali buang air besar dalam satu harinya.

Analisis ini dilakukan pada 206 pasien dengan tingkat keparahan yang rendah dari infeksi virus corona. 48 Orang di antaranya mengalami masalah pencernaan, 69 mengalami masalah pencernaan dan pernapasan, dan 89 hanya mengalami gejala masalah pernapasan.

Dari dua kelompok dengan gejala pencernaan, 67% mengalami diare dan 20% dari angka tersebut mengalami diare sebagai gejala pertama mereka saat penyakitnya muncul.

Sementara itu, demam ditemukan pada 62% pasien dengan masalah pencernaan, yang mana berarti hampir sepertiganya tidak mengalami demam.

"Studi ini penting karena merepresentasikan 80% pasien atau lebih yang tidak memiliki kondisi parah atau kritis," kata Brennan MR Spiegel, MD, MSHS, FACG, Co-Editor-in-Chief The American Journal of Gastroenterology.

Spiegel menambahkan, semakin umum orang yang kemungkinan mengalami COVID-19 dengan tanda awal diare, mual, dan muntah.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)