Alat Ini Bisa Ketahui Hasil Tes COVID-19 dalam 5 Menit

Alat Ini Bisa Ketahui Hasil Tes COVID-19 dalam 5 Menit

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 02 Apr 2020 13:06 WIB
abbott laboratories
Alat Ini Bisa Ketahui Hasil Tes COVID-19 dalam 5 Menit. (Foto: Abbott Laboratories)
Jakarta -

Salah satu masalah yang dihadapi rumah sakit di seluruh dunia di tengah pandemi saat ini adalah kelangkaan alat tes COVID-19. Hal ini mendorong berbagai inisiatif pengembangan secara cepat alat tes COVID-19, salah satunya oleh perusahaan farmasi Abbott.

Abbott Laboratories, perusahaan yang berbasis di AS, menciptakan sebuah alat tes bernama ID Now Device yang bisa menunjukkan apakah seseorang terinfeksi virus corona dalam waktu 5 menit. Alat ini berukuran sebesar pemanggang roti, sehingga cukup portabel.

Menggunakan teknologi molekuler, ID Now Device juga bisa menunjukkan hasil negatif COVID-19 dalam waktu 13 menit. Perangkat ini bekerja dengan mencari bagian dari genome virus corona melalui sampel yang diambil dari swab tenggorokan atau pun hidung.

Kabar baiknya, badan pengawas obat dan makanan AS, US Food and Drug Administration (FDA), telah mengeluarkan izin darurat untuk mulai menyediakan alat tes tersebut. Abbott mengatakan akan mulai mengirimkan ID Now Device ke para penyedia fasilitas kesehatan mulai pekan ini, dan menyanggupi dapat mengirim 50 ribu alat per hari pada 1 April 2020.

"Pandemi COVID-19 sedang berusaha dilawan di berbagai bidang, dan uji molekuler portabel yang menawarkan hasil dalam hitungan menit menambah berbagai solusi diagnostik yang diperlukan untuk memerangi virus ini," kata COO Abbott Robert Ford seperti dikutip dari AFP, Kamis (2/4/2020).

Ford mengatakan, dengan ukurannya yang cukup kecil, alat tes mudah dibawa ke zona-zona merah wabah virus corona. Abbott saat ini bekerja sama dengan FDA untuk mengirimkan alat tersebut ke tempat-tempat yang menjadi pusat penyebaran virus corona.

Jika distribusi yang dilakukan efektif, perangkat ini bisa membantu para ahli kesehatan publik lebih memahami masyarakat wilayah mana saja yang paling berisiko terinfeksi, serta membantu pemerintah lebih baik dalam merespon dan menyusun strategi.



Simak Video "Satgas Ungkap Efek Libur Panjang Terhadap Kasus Corona di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)