Pasukan Antariksa Amerika Serikat Terbangkan Satelit Pertama

Pasukan Antariksa Amerika Serikat Terbangkan Satelit Pertama

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 27 Mar 2020 16:21 WIB
Seragam Space Force Amerika
Pasukan Antariksa AS Terbangkan Satelit Pertama (Foto: SpaceForceDoD/Twitter)
Jakarta -

US Space Force atau pasukan antariksa Amerika Serikat bakal melaksanakan misi pertamanya, yaitu menerbangkan satelit miliknya ke orbit.

Misi tersebut bernama National Security Mission, dan satelit yang diterbangkan adalah Lockheed Martin Advanced Extremely HIgh Frequency (AEHF-6). Satelit tersebut diterbangkan menggunakan roket Atlas V milik United Launch Alliance (ULA).

Satelit ini bakal berfungsi menjadi jalur komunikasi militer yang dipakai oleh US Space Force. Selain itu, tampaknya satelit ini juga bukti jika pasukan antariksa bentukan pemerintahan Donald Trump ini bukan sekadar omong kosong.

Peluncuran satelit ini adalah pencapaian besar untuk angkatan ke-6 dari militer AS tersebut. Pasalnya sebelum ini US Space Force sekadar membeberkan rencana, mencari pendanaan, dan merilis logo resmi mereka yang bergaya Star Trek.

Satelit AEHF-6 punya kemampuan komunikasi yang diklaim bisa dipakai di seluruh dunia, punya ketahanan tinggi, dan tingkat keamanan komunikasi yang tinggi. Keunggulan itulah yang membuat satelit ini cocok digunakan untuk menghubungkan antara markas besar dan pasukan yang ada di medan perang, baik di darat, laut, maupun udara.

Menurut Lockheed Martin, satelit ini bakal mengorbit di ketinggian 22 ribu mil di atas bumi, dan bakal melayani partner internasional termasuk Kanada, Belanda, dan Inggris. Peluncuran roket dan satelit ini bakal dilakukan dari Cape Canaveral Air Force Station di Florida, Amerika Serikat.



Simak Video "Cuitan Donald Trump Dapat Label Peringatan dari Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)