Virus Corona Menjalar ke NASA, 1 Pegawai Positif COVID-19

Virus Corona Menjalar ke NASA, 1 Pegawai Positif COVID-19

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 24 Mar 2020 12:58 WIB
NASA
Virus Corona Menjalar ke NASA, 1 Pegawai Positif COVID-19 (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Virus corona COVID-19 kian menjalar ke berbagai belahan dunia, tak terkecuali Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Dilaporkan satu pegawai NASA dinyatakan positif virus corona.

Ini merupakan kasus positif virus corona pertama yang berasal dari lingkungan NASA, tepatnya di Kennedy Space Center, Florida, AS, yang tak lain fasilitas peluncuran wahana antariksa.

Juru Bicara NASA Tracy Young mengonfirmasi bahwa setelah dilakukan pengetesan pada Minggu (22/3), ada satu karyawan NASA yang di Kennedy Space Center positif virus corona berdasarkan hasil pada keesokan harinnya.

Young menjelaskan karyawan NASA yang terjangkit virus corona tersebut kemungkinan tidak menular ke lainnya, karena lembaga keantariksaaan tersebut telah memberlakukan telecommuting dan bekerja dari rumah.

"Karyawan ini terakhir di pusat (Kennedy Space Center) lebih dari 10 hari yang lalu," ucap Young dikutip dari Space, Selasa (24/3/2020).

"Berdasarkan penelusuran sejak karyawan kerja dari rumah, kami percaya itu (virus corona) diperoleh setelah mereka mulai bekerja telecommuting dan tidak memberi risiko tambahan di pusat dari orang (yang positif virus corona) ini," jelasnya.

Kendati begitu, NASA tetap berkomitmen dalam memberi perlindungan dan perawatan tenaga kerja mereka, di mana itu sudah menjadi prioritas utama selama keadaan yang belum pasti ini.

Penyebaran virus corona membuat sejumlah perubahan di NASA. Selain soal penerapan kerja dari rumah, misi antariksa juga jadi dampaknya yang berujung ditundanya peluncuran James Webb Space Telescope.

Saat ini, terhitung sejak 23 Maret, ada lebih dari 33 ribu kasus virus corona yang melanda Negeri Paman Sam dan dilaporkan 400 orang di antaranya telah meninggal.



Simak Video "38 Daerah Berubah Status Jadi Zona Hijau, Mana Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)