4 Suara Aneh Coba Dipecahkan Sains, Ada yang Masih Misterius

4 Suara Aneh Coba Dipecahkan Sains, Ada yang Masih Misterius

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 18 Mar 2020 10:16 WIB
ilustrasi mendengarkan musik
4 Suara Aneh Coba Dipecahkan Sains, Ada yang Masih Misterius. Foto: Ilustrasi/ThinkStock
Jakarta -

Terdapat banyak suara misterius yang dihasilkan alam, ada yang terpecahkan namun ada yang hingga sekarang menjadi misteri. Nah, khusus kamu detikers, detikINET merangkum beberapa suara misterius yang dikutip dari Popsci.

1. Suara paus yang 'kesepian'

Angkatan laut Amerika Serikat memberikan akses pada ilmuwan kepada hydrophone yang dibangun 1950-an. Namun suatu ketika, ada suara lolongan misterius terdengar oleh seorang ilmuwan bernama William Watkins yang merupakan peneliti mamalia laut. Ya, itu suara paus.

Diketahui paus menggunakan suara untuk berkomunikasi, tapi dengan suara yang memiliki frekuensi yang tinggi tampaknya paus ini hanya 'bernyanyi' sendiri tanpa mendapatkan jawaban dari teman-temannya yang lain -- begitu kata sejumlah peneliti.

Lebih lanjut, frekuensi yang dihasilkan oleh suara ini berbeda dengan suara panggilan paus yang biasanya berada di rentang 10-40 Hz. Suaranya mencapai 52 Hz. Yang menarik, suara yang sama terdengar lagi pada 2010.

[Gambas:Youtube]


2. Suara 'terompet' dan piano misterius

Sejumlah stasiun, transmisi radio gelombang pendek memainkan nada yang sama dari Rusia sejak tahun 1982. Beberapa orang menduga itu adalah proyek sains yang memantulkan gelombang radio dari ionosfer untuk mendeteksi lidah api matahari.

Banyak juga yang menyampaikan pendapat bahwa itu adalah sebuah pesan yang terangkai dari sandi morse.

[Gambas:Youtube]