Senin, 16 Mar 2020 12:24 WIB

Dampak Virus Corona sampai ke Urusan Luar Angkasa!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumlah total kasus virus Corona atau Covid-19 di Korsel telah mencapai 7.513 kasus. Korsel pun terus berperang melawan Corona karena jumlah pasien terus bertambah. Dampak COVID-19 sampai ke industri luar angkasa. Foto: Getty Images/Chung Sung-Jun
Jakarta -

COVID-19 atau virus corona (novel coronavirus) telah menjadi pandemi dan memberikan dampak terhadap berbagai industri termasuk salah satunya masalah luar angkasa. Selain itu dari segi finansial, virus corona memberikan kerugian yang sangat terasa.

Sejauh ini, dikutip dari Space, Senin (16/3/2020) ada sejumlah dampak yang dialami industri luar angkasa antara lain:

1. Kemungkinan penundaan peluncuran ExoMars

Minggu ini, European Space Agency (ESA) dan badan antariksa federal Rusia, yang dikenal sebagai Roscosmos, mengumumkan bahwa rencana peluncuran rover ExoMars yang direncanakan pada Juli mendatang membuatnya diundur ke tahun 2022.

ESA Director General Jan W├Ârner mengungkapkan pertemuan yang direncanakan untuk membahas nasib misi ExoMars 2020 dengan rekan Roscosmos-nya, Dmitry Rogozin, menghasilkan keputusan harus dibatalkan.


2. Sejumlah kampanye sains NASA tertunda

"Tiga kampanye sains NASA Earth Science dijadwalkan untuk dilakukan di seluruh negeri musim semi ini dan kini telah diputuskan untuk menjadwal ulang aktivitas lapangan sampai akhir tahun ini," kata NASA Administrator Jim Bridenstine dalam sebuah pernyataan.

Kampanye itu adalah DeltaX, Dynamics and Chemistry of the Summer Stratosphere (DCOTTS), dan Sub-Mesoscale Ocean Dynamics Experiment (S-MODE).

3. Konferensi dan event lainnya

Sejumlah pertemuan penting dan acara lainnya telah dibatalkan atau ditunda karena kekhawatiran COVID-19. Sebagai contoh, Space Foundation mengumumkan menunda Simposium Antariksa ke-36, yang seharusnya diadakan di Colorado Springs, Colorado, dari 30 Maret-2 April.

Simposium Antariksa adalah salah satu acara tahunan komunitas luar angkasa yang dihadiri ribuan orang dari seluruh dunia, termasuk beberapa pembicara yang hebat. Sesuai anjuran Badan Kesehatan Dunia (WHO), imbauan untuk menghindari pertemuan banyak orang sangat dianjurkan untuk pandemi virus corona yang sedang terjadi ini.

Pertemuan penting lainnya, Satellite 2020 yang mana di salah satu sesi CEO SpaceX Elon Musk menjadi host. Acara ini dibatalkan H-1 dari yang direncanakan.

Dampak Virus Corona sampai ke Urusan Luar Angkasa!


Simak Video "Soal Corona, Pemerintah: Yang Sakit Jangan Didiskriminasi"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)