Sabtu, 14 Mar 2020 22:22 WIB

Astronaut Pun Diisolasi Agar Tak Bawa Corona Luar Angkasa

Agus Tri Haryanto - detikInet
astronot Foto: TIME
Jakarta -

Astronaut yang akan menjalani misi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) diisolasi. Hal ini ditempuh sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19) tidak sampai ke luar angkasa.

Tiga penjelajah antariksa, yaitu Chris Cassidy dari NASA serta dua kosmonot dari Roscosmos Ivan Vagner dan Anatoly Ivanishin terpaksa diisolasi dengan tidak meninggalkan pusat pelatihan di Star City di Moskow, Russia.

Upaya tersebut diterapkan kepada para astronaut dan kosmonot ini agar tidak tertular virus corona dari luar.

Pemberlakuan isolasi kepada tiga astronaut tersebut dilakukan sampai mereka akan menjelani misi antariksanya ke ISS pada 9 April mendatang.

Pavel Vlasov, Kepala Star City, mengatakan bahwa para astronaut dan kru secara rutin pergi ke karantina sebelum misi untuk mencegah infeksi. Pemberlakuan karantina yang biasa dilakukan astronaut pun dilakukan lebih awal terkait merebaknya corona.

"Para kru tidak melakukan perjalanan keluar, bahkan yang tradisional, seperti mengunjungi tembok Kremlin dan rumah Sergei Korolyov pada malam keberangkatan," kata Vlasov dilansir dari New York Post, Sabtu (14/3/2020).

Tur seremenonial yang sudah menjadi kebiasaan sebelum peluncuran antariksa sejak 1961 juga dibatalkan.

ISS tak luput dari dibersihkan dari COVID-19. Pesawat ruang angkasa terakhir yang membawa para penjelajah ini pada bulan September.



Simak Video "Christina Koch, Astronaut yang Kembali Setelah 328 Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)