Desainer China Bikin Baju Anti Virus Corona

Desainer China Bikin Baju Anti Virus Corona

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Kamis, 12 Mar 2020 10:47 WIB
Baju Anti Virus Corona Rancangan China
Desainer China Bikin Baju Anti Virus Corona Foto: (penda_china/Instagram)
Jakarta -

Kelelawar adalah hewan yang menyebarkan virus corona. Tapi hewan ini juga yang jadi inspirasi untuk membuat baju yang diklaim anti COVID-19.

Baju ini dirancang oleh desainer sekaligus arsitek China bernama Sun Dayong. Dia memiliki perusahaan desain dan arsitektur Penda China yang berbasi di Beijing, China.

Sun Dayong menjadi pemberitaan media internasional karena mempublikasikan baju anti virus corona melalui akun Instagramnya. Seperti dilihat detikINET Kamis (12/3/2020) dari postingan Sun Dayong, tampak sebuah baju model hazmat tapi tampak futuristis.

"Sebagai arsitek, saya mendesain perangkat ruang yang bisa dipakai yang secara efektif mengisolasi kita di luar ruangan untuk memastikan keamanan," kata Dayong.


Bajunya didesain menyerupai rangka sayap kelelawar dari carbon fiber yang dipakai seperti ransel, yang lalu bisa menyelubungi pemakainya dengan material PVC. Radiasi ultraviolet pada baju ini akan menyeterilkan area sekitar dan mematikan virus.

Desainnya mengikuti prinsip desain bionik dengan kelelawar sebagai prototipe-nya. Baju anti virus corona ini bisa dilipat dan mudah dibuka tutup.

"Waktu kecil, kita semua bermimpi jadi Batman, pahlawan yang melawan kejahatan dan menyelamatkan dunia. Mungkin mimpi itu jadi kenyataan sekarang," kata Dayong.

Baju ini bagian dari Creative Cure Project. Ini adalah proyek dimana para desainer mengembangkan inovasi kesehatan masyarakat.

Belum ada informasi apakah baju ini sudah dibikin atau baru rancangan saja. Bagaimana menurut detikers, baju ini keren atau aneh?



Simak Video "38 Daerah Berubah Status Jadi Zona Hijau, Mana Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)