NASA Pamerkan Foto Panorama Planet Mars Resolusi Tertinggi

NASA Pamerkan Foto Panorama Planet Mars Resolusi Tertinggi

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 05 Mar 2020 21:00 WIB
Planet Mars
Foto panorama planet MarsFoto: NASA
Jakarta -

Curiosity adalah salah satu kendaraan robot atau rover milik NASA yang tengah menjelajah Planet Mars. Baru-baru ini, ia mengirimkan foto panorama Planet Merah itu dalam resolusi paling tinggi.

Foto bersangkutan dijepret memakai kamera bernama Mast Camera yang menjadi salah satu komponen Curiosity. Ini bukan foto biasa karena merupakan jahitan dari lebih 1.000 foto individual dengan resolusi 1,8 miliar pixel.

Dikutip detikINET dari Science Alert, Curiosity menjepretnya selama 4 hari dengan total waktu 6,5 jam. "Ini pertama kalinya dalam misi ini kami mendedikasikan operasi kami untuk foto panorama 360 derajat," tutur Ashwin Vasadava, Project Scientist NASA.

Tim di Bumi memilih foto dengan hati-hati untuk membentuk panorama tersebut. Wilayah yang diabadikan adalah Glen Torridon yang kaya akan mineral di lapisan bebatuannya.

Glenn Torridon terletak di dekat gunung Mount Sharp. Lokasinya adalah di kawah Gale yang dahulu merupakan danau kuno. Untuk melihat fotonya dengan jelas atau melakukan zoom, dapat mengakses link ini.

Curiosity mendarat pada tahun 2012 dan ia beroperasi menggunakan daya nuklir. Ukurannya sebesar mobil berukuran kecil dan dilengkapi dengan perangkat penelitian canggih.

Tujuan utama Curiosity adalah meneliti bahan utama yang penting untuk kehidupan seperti nitrogen, fosfor, dan oksigen yang eksis di Planet Mars. Namun Curiosity tidak diperlengkapi alat untuk mencari organisme hidup.



Simak Video "Pujian Dua Astronot NASA Soal SPACEX"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)