Kecoa Utuh Ini Berusia 99 Juta Tahun

Kecoa Utuh Ini Berusia 99 Juta Tahun

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 05 Mar 2020 12:50 WIB
Kecoa Purba
Kecoa purba berusia 99 juta tahun. Foto: Live Science
Myanmar -

Sepasang fosil kecoa ditemukan dalam keadaan baik di Myanmar. Hewan ini awet wujudnya dalam waktu begitu lama karena terjebak di amber atau resin pohon.

Tak tanggung-tanggung, ilmuwan memperkirakan fosil itu berusia 99 juta tahun, berasal dari zaman dinosaurus. Disimpulkan bahwa kecoa ini adalah sampel tertua dari organisme troglomorphic, makhluk yang beradaptasi di lingkungan gelap gua.

Mereka adalah satu-satunya makhluk semacam itu yang diketahui sudah ada di zaman Cretaceous atau kapur. Tak ayal, kecoa tersebut hidap bersama Tyrannosaurus rex dan lain-lainnya.

Dikutip detikINET dari Live Science, spesimen bersangkutan memiliki banyak kemiripan dengan kecoa modern yang hidup di dalam gua. Misalnya mata dan sayap berukuran kecil di badannya.

Kedua spesimen dinamai Crenocticola svadba dan Mulleriblattina bowangi. Sebelumnya, kecoa gua disebut berasal dari 65 juta tahun silam. Sekarang dengan bukti baru ini, dipastikan mereka sudah ada di masa jauh sebelumnya.

Periset tidak dapat memastikan kenapa fosil itu dapat begitu awet berada di dalam amber. Kemungkinan, ada resin dari akar pepohonan yang masuk ke gua dan menjebak kecoa tersebut.

Studi ini melibatkan ilmuwan dari beberapa institusi di Slowakia, China, Rusia dan Thailand. Penjabaran mereka dimuat di jurnal Gondwana Research.



Simak Video "Batu Fosil yang Bernilai Tinggi, Lebak"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)