China Kerahkan Pasukan Bebek untuk Lawan Wabah Belalang

China Kerahkan Pasukan Bebek untuk Lawan Wabah Belalang

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 28 Feb 2020 13:24 WIB
Wabah Belalang
Wabah belalang. Foto: Associated Press
Beijing -

Wabah belalang tengah menjangkiti Pakistan. China sebagai salah satu negara tetangga berupaya membantu dengan mengerahkan banyak bebek.

Dikutip detikINET dari BBC, Pakistan menyatakan jumlah belalang adalah yang terburuk dalam lebih dari dua dekade. Akibatnya, pasokan pertanian terancam kena gangguan.

Nah, bebek dikatakan adalah pemangsa belalang yang efektif, di mana seekor bebek bisa memakan 200 belalang tiap hari. Bahkan bebek disebut lebih ampuh dari pestisida.

Lu Lizhi, periset senior di Zhejiang Academy of Agricultural Sciences menyebut bahwa bebek adalah senjata biologi yang andal. "Bebek juga berkelompok sehingga lebih mudah dikendalikan ketimbang ayam," cetusnya.

Sekitar 100 ribu bebek rencananya akan dikerahkan ke area Pakistan yang paling terdampak belalang. Kabar ini membuat pengguna media sosial di China heboh dan menyemangati para bebek itu. "Bebek pahlawan, saya harap kalian kembali dengan selamat," tulis netizen.

Akan tetapi, ada pula yang mempertanyakan efektivitas para bebek. Salah satunya soal apakah bebek cocok hidup di area Pakistan di mana wabah belalang merebak.

"Bebek bergantung pada air, tapi di wilayah kering Pakistan, temperaturnya sangat tinggi," kata pakar dari China Agriculture University.



Simak Video "Ngeri! langit di India Menghitam Karena Serangan Hama Belalang"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)