Jumat, 28 Feb 2020 09:05 WIB

Mengherankan, Hewan Ini Hidup Tanpa Bernapas

Fino Yurio Kristo - detikInet
H. salminicola H. salminicola. Foto: CNN
Jakarta -

Semua binatang di dunia ini memerlukan oksigen. Sesuatu yang sudah dianggap sebagai kelaziman itu kini terpatahkan karena telah ditemukan hewan yang tidak membutuhkannya.

Dikutip detikINET dari CNN, organisme unik ini tidak perlu bernapas. Ia merupakan parasit mungil multi sel yang hidup di ikan salmon dan berkembang untuk dapat memproduksi energi tanpa oksigen.

Penemuan tersebut tidak hanya mengubah pemahaman akan kehidupan di Bumi, tapi juga bisa menjadi masukan dalam pencarian makhluk luar angkasa. Siapa tahu mereka juga tak bernapas dengan oksigen.

"Ketika kita berpikir soal hewan, kita menggambarkan makhluk multi sel yang perlu oksigen untuk survive, tak seperti organisme sel tunggal seperti bakteri," kata Stephen Atkinson dari Oregon State University yang menggelar riset ini.

"Dalam pekerjaan kami, kami tunjukkan bahwa setidaknya ada satu binatang multi sel yang tidak punya perangkat genetis untuk menggunakan oksigen," jelasnya.

Parasit bernama H. salminicola itu terkait dengan ubur-ubur. Mereka hidup di dalam tubuh ikan salmon dan mencuri nutrisi darinya.

Lingkungan di dalam tubuh ikan tidak ada oksigennya sehingga parasit ini sama sekali tidak bernapas dengannya. Ia tidak membahayakan sang ikan dan hidup bersama dalam seluruh daur hidup salmon.

Periset tidak memahami dengan pasti apa yang diandalkan oleh parasit ini selain oksigen. Atkinson berspekulasi H. salminicola menyerap molekul dari salmon yang sudah memproduksi energi. Atkinson juga yakin hewan ini bukanlah makhluk terakhir yang tak membutuhkan oksigen.

Mengherankan, Hewan Ini Hidup Tanpa Bernapas


Simak Video "Tingkah Lucu Siamang, Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)