Fakta-fakta tentang Warna yang Sering Orang Salah Kira

Fakta-fakta tentang Warna yang Sering Orang Salah Kira

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 28 Feb 2020 06:05 WIB
Makanan rainbow
Ilustrasi warna-warni. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Selama bertahun-tahun, orang-orang yang lebih berpengalaman seperti guru atau para orang tua mencekoki kita dengan banyak hal, termasuk sejumlah hal menarik tentang warna. Tapi rupanya, ada sejumlah fakta tentang warna yang selama ini kita salah mengira.

Coba, apa yang kalian ketahui tentang warna? Dan apakah hal tersebut benar? Berikut ini adalah delapan fakta tentang warna seperti dikutip dari Brainberries.

Fakta-fakta tentang Warna yang Sering Orang Salah KiraFoto: Jon Nazca/Reuters.

1. Banteng benci warna merah?

Salah! Faktanya, banteng itu buta warna. Anggapan banteng benci merah muncul karena dalam pertandingan adu banteng, matador selalu mengibaskan kain merah untuk memancing banteng menyeruduk.

Hewan ternak pada umumnya, banteng tidak bisa membedakan mana merah, hijau, kuning, atau warna lainnya. Adapun yang membuat mereka agresif adalah karena gerakan-gerakan yang dibuat matador dengan kain.

Fakta-fakta tentang Warna yang Sering Orang Salah KiraFoto: ABC Australia

2. Apakah hitam dan putih adalah warna asli?

Fakta yang ini sangat unik. Para ilmuwan mengatakan bahwa putih adalah campuran dari semua warna yang terlihat, dan hitam adalah ketiadaan semua warna. Jadi secara ilmiah, hitam dan putih bukan warna.

Sedangkan menurut seniman sebaliknya. Putih adalah tidak adanya warna, dan hitam adalah warna. Sepertinya tidak ada jawaban yang benar atau salah untuk pertanyaan ini.

Fakta-fakta tentang Warna yang Sering Orang Salah KiraFoto: Michael Gottschalk/Getty Images

3. Tidak ada warna pink

Benar! Pink itu tidak ada. Berdasarkan sains, warna memiliki panjang gelombang tertentu. Namun masalahnya, pink atau merah muda tidak memiliki panjang gelombang itu. Di 'alam warna', pink hanya mungkin terjadi bila merah dan ungu bersilangan dan ini tidak mungkin, karena mereka berada di sisi yang berlawanan pada spektrum warna. Pink tidak mungkin ditemukan di alam tanpa menekuk dua warna itu.

Para ilmuwan berpendapat pink adalah warna absurd yang tidak benar-benar ada. Pink yang kita lihat selama ini adalah hasil konstruksi mata dan otak kita. Jadi, pink adalah warna hasil pantulan, bukan warna yang dipancarkan. Kalian bisa melihatnya karena otak menerjemahkan cahaya yang dipantulkan sebuah objek.

Fakta-fakta tentang Warna yang Sering Orang Salah KiraFoto: AP Photo/Silvia Izquierdo

4. Anjing cuma bisa lihat hitam dan putih?

Para dokter hewan dulu percaya bahwa anjing melihat semua hal secara monokrom alias hanya bisa melihat hitam dan putih. Namun sejumlah studi memperlihatkan bahwa anjing bisa melihat kuning, biru, dan abu-abu.

Fakta-fakta tentang Warna yang Sering Orang Salah KiraFoto: Timor Raya/d'traveler

5. Warna Matahari bukan kuning

Dengan membiaskan sinar Matahari, atmosfer planet kita membuatnya terlihat kekuningan. Namun, seandainya manusia bisa melihat ke Matahari secara lebih mendalam, warna Matahari sesungguhnya adalah putih.



Simak Video "NASA Rayakan 20 Tahun Operasi Muatan Sains ISS"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fyk)