Kamis, 27 Feb 2020 06:02 WIB

Hari Ini! 'Ciuman' Venus dan Bulan Bisa Dilihat dari Indonesia

Rachmatunnisa - detikInet
The perfect, clear viewing conditions above ESOs Paranal Observatory in Chile make for a fantastic opportunity to observe the wonders of the Universe. Sometimes, however, its nice to appreciate things closer to home, such as Earths trusty lunar companion, and one of its neighbouring planets, Venus, seen as the bright light to the Moons top-right. The rolling Chilean mountains provide a stunning silhouetted landscape beneath. Pertemuan Venus dan Bulan di langit Chili. Foto: ESO/Y. Beletsky/
Jakarta -

Kamis, 27 Februari 2020 adalah hari istimewa bagi mereka yang senang mengamati benda langit. Venus dan Bulan akan terlihat bersama-sama. Fenomena ini juga bisa dilihat dari Indonesia.

"Ya, besok (Kamis) sesudah magrib, Venus akan berada di samping kanan Bulan sabit. Terlihat jelas di seluruh wilayah Indonesia, asalkan langit cerah," kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin saat dikonfirmasi, Rabu (26/2/2020).

Selama fenomena ini berlangsung, Venus yang terlihat benderang akan muncul di samping Bulan. Menariknya, fenomena yang sama akan terjadi lagi pada 28 Maret 2020.

"Itu (Venus bertemu Bulan) sering terjadi. (Terjadinya pertemuan Venus dan Bulan) bisa ditentukan dengan aplikasi astronomi. Tetapi periodenya tidak tetap," kata Djamal lagi.

Para astronom memperkirakan pertemuan Venus dan Bulan akan berlangsung selama 45 menit setelah Matahari terbenam. Pemandangan indah akan terlihat dari Bumi saat keduanya 'berciuman'.

Venus, yang merupakan salah satu objek paling terang di langit, akan bergerak lebih dekat ke Bulan minggu ini karena orbit alami mereka. Meskipun dua objek kosmik ini memiliki orbit yang berbeda, mereka mengikuti jalur yang sama di langit, yang dikenal sebagai ekliptika.

Dari perspektif Bumi sendiri, pada hari tersebut, Venus dan Bulan akan tampak saling berdekatan. Namun pada kenyataannya, planet ini akan berada sekitar 84 juta mil dari Bumi. Bulan, di sisi lain, berada sekitar 250.000 mil jauhnya dari planet ini.

Hari Ini! 'Ciuman' Venus dan Bulan Bisa Dilihat dari Indonesia


Simak Video "Kepala LAPAN Bicara UFO dan Mahluk Cerdas di Luar Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)