Dampak Positif dari Wabah Virus Corona

Dampak Positif dari Wabah Virus Corona

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 21 Feb 2020 18:48 WIB
Museum Palace Beijing di China.
Salah satu sudut kota Beijing. Foto: (Nicolas Asfouri/AFP via Getty Images)
Beijing -

Mewabahnya virus corona memang menimbulkan begitu banyak kerugian, dari besarnya jumlah korban sampai aktivitas ekonomi yang terganggu. Namun demikian, ternyata ada juga pengaruh positifnya. Apa itu?

Berdasarkan laporan dari CarbonBrief, gangguan ekonomi di China akibat virus corona membuat level karbondioksida atau CO2 di atmosfer anjlok 25% dalam dua minggu terakhir. Itu jika dibandingkan pada saat bisnis berjalan normal.

Pabrik-pabrik dan bisnis lain memang banyak yang tutup demi mencegah penyebaran virus corona. Penggunaan batu bara di pabrik pun anjlok ke titik terendah dalam empat tahun.

Produksi minyak dan baja lebih rendah dibandingkan waktu manapun, kecuali pada tahun 2015 ketika ekonomi China melambat. Kemudian, perjalanan udara pun banyak sekali dibatasi.

Semua itu, dikutip detikINET dari Ars Technica, berujung pada 100 juta ton level CO2 lebih sedikit atau 6% penurunan emisi global.

Dengan asumsi ekonomi China tidak langsung berjalan gila-gilaan untuk menebus gangguan akibat virus corona, maka bisa saja level CO2 global akan flat atau malah menurun di akhir tahun 2020 ini.

Pemantauan lain dari satelit menyebutkan bahwa level nitrogen oksida atau NO2 merosot 39% di dua minggu ke belakang dibandingkan tahun 2019. Ini adalah kabar baik karena zat itu berdampak buruk bagi paru-paru.

Dampak Positif dari Wabah Virus Corona


Simak Video "Klaster Baru Covid-19 di Bejing Lewat Ikan dan Produk Laut"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)