Rabu, 19 Feb 2020 06:09 WIB

Ajaib, Ikan Pari Warna Pink Ini Satu-satunya di Dunia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ikan Pari Pink Ikan Pari warna pink. Foto: Instagram
Australia -

Ikan pari manta berwarna pink ini disebut satu-satunya di dunia dan ilmuwan masih bingung apa yang menjadi penyebabnya.

Belum lama ini, fotografer Kristian Laine pergi ke Great Barrier Reef di Australia. Dia terkaget-kaget menjumpai hewan tersebut. Fotonya pun ia pajang di Instagram dan langsung menuai banyak komentar heran.

"Saya tidak pernah mendengar ada manta pink dan ketika pertama melihatnya, saya pikir kamera saya bermasalah," katanya, dikutip detikINET dari Science Alert.

Ikan pari manta atau Mobula alfredi warna merah jambu ini pertama kali dijumpai pada tahun 2015. Kala itu, penyelam bernama Ryan Jeffrey menjepret fotonya dan menimbulkan kehebohan.

Ajaib, Ikan Pari Warna Pink Ini Satu-satunya di DuniaFoto: Instagram

Lokasinya sekitar 3,3 meter di bawah laut dan dalam 5 tahun terakhir sukar dijumpai. Total, baru sekitar 10 kali ada yang mengaku melihatnya.

Periset pun coba meneliti apa yang menyebabkan ia berwarna pink. Awalnya diduga soal makanan, tapi kemudian teori itu terpatahkan lantaran warna pink tidak berubah-ubah.

"Teorinya adalah warna itu hanyalah tampilan berbeda dan unik dari melanin, akan tetapi masih harus dikonfirmasi," sebut pakar ekologi Asia Haines.

"Ikan itu sangat tenang dan membiarkan saya berada di sana. Ketika menyadari tentang dia, saya tidak bisa percaya betapa langka momen yang saya alami ini," cetus Kristian.



Simak Video "Tampil Stylish dengan Tas dari Kulit Ikan Pari"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)