Selasa, 18 Feb 2020 08:48 WIB

China Mencuci Uang Demi Hambat Penyebaran Virus Corona

Rachmatunnisa - detikInet
cuci uang China Mencuci Uang Demi Hambat Penyebaran Virus Corona. Foto: Money Control
Jakarta -

Saat ini, belum ada obat atau vaksin resmi untuk mengobati virus corona. Berbagai cara pun dilakukan untuk mencegah penyebarannya, termasuk jika diperlukan, dengan mencuci uang!

Inilah yang dilakukan China. Mencuci uang yang dimaksudkan di sini adalah praktik sebenarnya agar uang secara fisik lebih higinenis. Badan kesehatan dunia WHO memang sudah mengumumkan berbagai fakta tentang virus corona, salah satunya yang menyebutkan virus ini tidak bisa bertahan hidup lama ketika menempel pada benda mati.

WHO pun sempat membantah mitos kalau paket yang dikirimkan dari China bisa menularkan virus corona. Meski demikian, cara ini merupakan salah satu upaya keras China untuk menjaga lingkungan dan masyarakatnya sesehat dan sehigienis mungkin.

Dikutip dari Ubergizmo, di antara berbagai upaya yang telah dilakukan untuk menghentikan laju penyebaran virus corona, China juga kemudian membersihkan uang tunai dengan membersihkannya, demi mengurangi risiko penularan virus yang lebih luas.

Hal ini dilakukan karena uang merupakan benda yang perputaran dari satu orang ke orang lainnya berlangsung cepat dan mudah. Tak heran pula jika uang sering dianggap benda kotor, karena berbagai kuman dari tangan ke tangan bersarang di sana.

Selain meningkatkan upaya sanitasi, Bank of China juga akan menambah uang tunai senilai 600 miliar yuan untuk Hubei, yang merupakan pusat merebaknya virus corona. Menurut Wakil Deputi Gubernur Bank of China Fan Yifei, uang-uang yang beredar akan dibersihkan agar aman.

"Uang dari daerah-daerah yang terkena virus akan disanitasi dengan sinar ultraviolet atau dipanaskan dan dikunci setidaknya selama 14 hari, sebelum didistribusikan kembali," sebutnya.

Bank juga mengimbau para pemberi pinjaman komersial untuk memisahkan uang tunai dari rumah sakit dan pasar makanan, sambil proses mengkarantina uang tunai pun dilakukan untuk meminimalkan risiko penyebaran virus.

China Mencuci Uang Demi Hambat Penyebaran Virus Corona


Simak Video "Kasus WNI Positif Corona Kini Mencapai 309"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fyk)