Minggu, 16 Feb 2020 15:33 WIB

'Perburuan Alien Harus Dilakukan Habis-habisan'

Fino Yurio Kristo - detikInet
alien Foto: istimewa'Perburuan Alien Harus Dilakukan Habis-habisan'. Foto: Istimewa
Jakarta -

Pencarian alien atau makhluk luar angkasa harus dilakukan dengan lebih serius. Dukungan dari pemerintah pun semestinya lebih besar lagi.

Demikian dikatakan oleh Dr Anthony Beasley, kepala US National Radio Astronomy Observatory.

"Saatnya perburuan alien secara pantas diintegrasikan dengan area-area lainnya dalam astonomi," cetus dia.

Pendanaan dari pemerintah untuk mencari alien memang seret. Padahal dahulu, NASA pernah mengucurkan USD 10 juta per bulan buat proyek ini, namun disetop sejak tahun 1993 lantaran dinilai buang-buang uang.



Setelahnya, tidak ada lagi dana signifikan bagi perburuan alien di AS maupun negara lain. Kala itu, memang baru sedikit planet yang mengorbit bintang nun jauh di sana.

Sekarang, berkat kemajuan teknologi, sudah ribuan exoplanet ditemukan, di kisaran 4.000. Beberapa di antaranya terindikasi ideal sebagai tempat tinggal makhluk hidup.

Dikutip detikINET dari BBC, perkembangan itu yang membuat para ilmuwan terkemuka menganggap sudah waktunya pencarian alien digeber dan digarap maksimal. Saat ini, baru pihak swasta yang gencar, pemerintah dinilai belum banyak berbuat.



"Sejak dulu, manusia menatap langit dan bertanya-tanya apa ada makhluk lain di sana. Kita sekarang punya kapasitas untuk menjawab pertanyaan itu dan mungkin membuat penemuan," kata Dr Andrew Siemion, astronom dari University of California, Berkeley.

Dalam perkembangan terbaru, pencarian alien dibantu oleh observatori Very Large Array (VLA) di New Mexico. Memakai multi antena, ia akan dikerahkan untuk membantu mencari sinyal-sinyal eksistensi alien.

"Kita sekarang akan memiliki survei langit paling komprehensif yang pernah dicapai," tandas Dr Andrew, mengklaim bahwa dioperasikannya alat itu membuat peluang alien ditemukan meningkat 10 hingga 100 kali lipat.



Simak Video "Siapa Tahu Butuh! Ini Lokasi Tempat Berburu Alien"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)